Menu

Canon MP287 Error P10/B200, Ini Kerusakannya (printer pixma 287 rusak mainboard)

Mencari kerusakan error P10 atau B200 pada printer canon mp287 memang gampang-gampang susah, pasalnya kerusakan error p10 ini bukan merujuk pada satu kerusakan saja, artinya bisa saja ada bagian bagian tertentu dari printer mp287 yang mengalami masalah namun ditunjukkan dengan led indikator yang sama yaitu error kode B200 atau P10.

Printer pixma 287 rusak kedip-kedip error B200 atau P10 juga dapat terjadi disebabkan oleh salah satu komponen penting dalam printer tersebut, yakni motherboard atau mainboard printer itu sendiri. Lebih jauh menelisik mengenai hal ini akan kita kupas tuntas dalam tulisan ini sehingga diharapkan akan memberikan pemahaman pada diri sendiri maupun kita yang mengalami permasalahan serupa.

 

Canon mp287 error B200 rusak resistor

Ini pernah saya alami pada printer canon mp287 milik sendiri, yang mana printer tersebut bekerja keras tiap hari karena digunakan sebagai mesin fotocopy, sudah mencetak banyak sekali kertas dan tinta yang digunakan juga sudah menggunakan sistem infus, sehingga printer yang bekerja keras ini kerap mengalami berbagai kerusakan, mulai dari motherboard sampai pada mekanik yang rusak sehingga harus melakukan reparasi sendiri.

Salah satu kerusakan B200 adalah pada blok mainboard yang mana komponen yang rusak ada sebuah resistor chip kecil sehingga sulit sekali dideteksi, kecuali menggunakan kaca pembesar. Dalam hal ini saya melakukan penggantian pada resistor dengan lokasi R301, nilai resistor ini merupakan resistor kecil sehingga harus hati-hati dalam melepasnya dari PCB. Saya menggunakan solder manual namun yang memiliki ujung runcing, dan sebuah pinset.

Lalu mengganti resistor ini dengan resistor biasa yang memiliki 4 gelang warna, karena tidak punya resistor chip yang nilainya sesuai. Dan setelah dilakukan penggantian ternyata printer dapat bekerja dengan normal dan siap di gasspol kembali untuk dijadikan mesin fotocopy.

 

Printer mp287 rusak P10 misterius

Kenapa saya sebut kerusakan P10 ini misterius? Karena saya tidak berhasil menemukan bagian yang rusak dari printer ini, sehingga akhirnya hanya bongkar pasang namun berakhir dengan indah karena printer dapat menyala normal kembali.

Gejala awal kerusakan ini adalah:

  1. Printer mengeluarkan suara berderit dan bising saat dinyalakan
  2. Printer awalnya normal, kadangkala error P10, kadang normal lagi
  3. Akhirnya printer tidak respon hanya nyala lampu LED dan menunjukkan error P10

Penanganan yang saya lakukan adalah membongkar cover printer mp287 terutama bagian mainboard, kemudian membersihkan bagian mekanik dengan semprot angin secara terkontrol karena ternyata banyak debu yang menyebabkan mekanik seret dan mengeluarkan bunyi berisik saat printer dinyalakan.

Lalu membongkar khususnya bagian motherboard/ mainboard, meneliti tiap bagian mulai dari fuse sampai resistor barangkali ada yang terbakar. Namun tidak ada tanda kerusakan dan saya tidak berhasil menemukan kerusakan baik secara fisik ataupun mengukur menggunakan multimeter.

Setengah putus asa karena ternyata tidak menemukan penyebab printer error P10 ini, maka printer saya tutup kembali dan memastikan semua soket terpasang dengan baik, cover terpasang dengan benar.

Lalu printer saya nyalakan, tidak disangka ternyata ada respon, mekanik berbunyi normal dan halus. Wah, bunyi berisik hilang, dan yang lebih melegakan lagi ternyata tampilan LED display menunjukkan printer siap bekerja kembali dengan angka 1 menandakan printer sudah sembuh dan kembali menyala normal.

Demikian pengalaman saya menangani kerusakan printer canon mp287 error B200 atau P10 yang merupakan kerusakan sejenis. Ternyata banyak faktor yang dapat menyebabkan kerusakan ini dan kita tidak dapat memvonis hanya dari satu kasus saja, mungkin ada diantara teman yang memiliki pengalaman berbeda sehingga dapat berbagi pula cara memperbaiki printer mp287 rusak seperti ini sehingga menambah wawasan kita semua.