Menu

Cara Mengukur Transformator Masih Bagus atau Tidak (Trafo Rusak)

TransformatorTransformator atau trafo, pasti deh pernah Anda lihat sewaktu Anda membuka dalaman TV, Tape Deck, atau Compo. Transformator adalah suatu alat yang digunakan untuk mengubah tegangan listrik bolak balik (AC) menjadi lebih besar atu lebih kecil dari semula. Nah, Transformator/trafo ini mengikuti prinsip kerja induksi elektromagnetik. Di kedua ujungnya terdapat dua jenis lilitan, yaitu lilitan primer dan lilitan sekunder.

Terdapat cara mengukur trafo apakah rusak atau masih bagus, karena hal ini penting ketika kita hendak menggunakan transformator tersebut pada sebuah rangkaian khususnya power supply, diharapkan akan mendapatkan kepastian bahwa komponen tersebut benar-benar masih bagus sehingga dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Pengukuran transformator ini sebenarnya sangat sederhana yakni dengan memanfaatkan fungsi ohm pada multimeter, yang nantinya akan digunakan untuk mengetahui apakah lilitan kawat trafo tersebut masih menyambung atau sudah putus.

 

Tips mengetahui transformator apakah masih bagus

Meskipun transformator bentuknya tidak seberapa dan seperti tidak terjadi pemutusan hubungan, tetapi harus diuji terlebih dahulu sebelum dipasang atau disolder. Hal ini disebabkan memiliki gulungan/lilitan sekunder dan primer.

Pada gulungan sekunder berakhir dengan tiga kaki. Untuk mengetahui putus tidaknya gulungan sebuah transformator dapat Anda lakukan :

  • Mula-mula avometer disiapkan kemudian memutar saklar pada posisi Ohm meter. Selanjutnya memutar penyetel untuk memperoleh jarum pada angka nol.
  • Barulah pencolok hitam dihubungkan dengan kaki lainnya (pinggir kiri).
  • Bila jarum penunjuk bergerak, berarti lilitannya baik.
  • Kemudian pencolok merah Anda pindahkan pada kaki lainnya yang berada di pinggir. Jika bergerak jarum penunjuknya berarti baik. Lalu pencolok hitam dipindahkan pada salah satu kaki yang berada di pinggir. Apabila bergerak jarumnya berarti lilitan/gulungan sekunder dalam keadaan baik.

Selanjutnya memeriksa/menguji gulungan primer yang hanya berkaki dua. Caranya sama dengan pengujian terhadap gulungan-gulungan sekunder. Jika jarum penunjuk bergerak-gerak berarti gulungan primer dalam keadaan baik.

Bagi para hobbyist pemula, cara menguji komponen merupakan hal yang mendasar lho yang wajib dikuasai, termasuk transformator ini.

 

Tambahan

Ada satu lagi masalah yang sering muncul pada tranformator khususnya yang sudah digunakan cukup lama. Yakni trafo rusak karena lilitan terbakar hangus. Ini juga perlu dicari tahu bagaimana menentukan apakah lilitan pada trafo tersebut masih bagus atau sudah terbakar.

Karena kalau lilitan kawat email pada trafo terbakar maka akan menyebabkan hubungan singkat atau konsleting yang nantinya menyebabkan tegangan drop atau malah listrik padam saat trafo dialiri tegangan AC.

Cara mengetahui trafo masih bagus atau sudah rusak terbakar adalah dengan melihat secara langsung dari bentuk fisiknya. Perhatikan baik-baik semua sisi pada lilitan sekunder dan primer, biasanya akan nampak gosong atau sediikit meleleh pada lapisan plastiknya.

Juga akan tercium bau gosong dan menyengat saat trafo kondisi digunakan karena lilitannya terbakar akibat konslet.



No Comments