Menu

Memperbaiki Kerusakan Speaker Woofer Suara Cacat Krak-Krak, Keprek (Canon, Audax, ACR, DLL)

Seorang sahabat bercerita bahwa dia mengalami masalah speaker kanon suara keprek-keprek seperti ada yang menghalangin gerakan membran, lalu dia menanyakan apakah kerusakan seperti itu masih bisa diperbaiki? Tentu saja, jawaban admin adalah bisa.

Beberapa woofer yang kami miliki juga pernah mengalami kerusakan serupa, saat disetel pada volume rendah, terdengar bunyi krek-krek pada area membran, atau sebuah woofer audax rusak krak krak mengeluarkan bunyi tersebut ketika digunakan.

Disini kita akan mengulas beberapa hal mengenai kerusakan speaker yang mengeluarkan bunyi berisik, sehingga kinerjanya tidak maksimal.

Sumber Masalah Speaker Rusak Keprek-Keprek

Kenapa speaker wofer bersuara krak-krak berisik? Ini adalah pertanda terjadi kerusakan yang dapat mengakibatkan gerakan membran tidak sempurna, karena bergesekan dengan cangkang magnet.

Masalah speaker mengeluarkan suara bising ini patut dicari tahu penyebabnya, mengapa hal itu bisa terjadi. Ini memungkinkan kita untuk memperbaiki sendiri speaker tersebut karena dapat menghemat biaya reparasi, dan memberikan ide-ide kreatif untuk menemukan solusi dari masalah yang muncul.

Penyebab Speker atau woofer bunyi saat digunakan:

  1. Speaker bunyi krek atau krak karena gerakan membran tidak sempurna, terganggu
  2. Sumber masalah bunyi tersebut disebabkan coil bergesekan dengan cangkang atau inti logam dudukan magnet
  3. Penyebab bunyi adalah karena coil terpasang miring, tidak center, atau penyok
  4. Karena umur pemakaian atau cacat saat memasang coil pada membran

Perbaikan Speaker Rusak Cacat Suara

Untuk memperbaiki speaker yang mengalami kerusakan seperti diatas, maka kita harus membongkar membran dan memisahkannya dari dudukan, serta memeriksa apakah posisi coil sudah center atau belum.

Pertama adalah melepaskan lem pada membran tanpa menyebabkan kerusakan atau sobek, namun kalau terpaksa maka kita harus merusaknya dan nanti menggantinya dengan membran baru.

Lalu membetulkan posisi coil agar benar-benar center untuk menghindari gesekan saat speaker mengeluarkan bunyi, karena suara bass yang besar dan pantulan kuat membran dapat menyebabkan coil bergesekan dengan besi inti atau cengkang tempat dudukan magnet.

Maka ketika masalah ini sudah dibereskan, tentu speaker akan kembali normal dan mengeluarkan suara yang jernih meskipun digunakan pada volume tinggi.