Menu

Memperbaiki TV Samsung 17 inch Cacat Gambar Garis Atas

Menemukan kerusakan televisi merk samsung 17 inch yakni tv tabung flat memang terbilang mudah, ketika kita sudah memahami skema dan cara kerjanya.

Sama halnya dengan kerusakan tv samsung 17 inch gambar melipat garis dia atas layar, ini sering dikaitkan dengan kerusakan pada blok vertikal, karena cacat gambar garis-garis di sebelah atas memang berkaitan dengan rangkaian vertikal pada tv.

Penyebab TV Gambar Melipat Atas

Kerusakan gambar melipat atau bergaris di sebelah atas biasanya disebabkan karena rusaknya komponen pada rangkaian vertikal tv tersebut. Ini berlaku pula pada tv merk samsung, yang mana masih menggunakan model rangkaian ic vertikal yang umum digunakan pada tv crt.

Gejala yang muncul biasanya:

  • Gambar bergaris sebelah atas layar
  • Gambar cacat atau melipat bagian atas
  • Gambar ada garis horizontal namun menyala normal

Sumber masalahnya adalah kerusakan pada elco, dioda, atau ic vertikal.

Ini umum terjadi sehingga kita dapat menyimpulkan dengan cepat sumber kerusakan ini, karena umum terjadi. Sama halnya dengan tv samsung 17 inch yang kami kerjakan sekarang ini.

Pengecekan Tegangan Vertikal

Untuk melakukan pemeriksaan, kita harus mengukur tegangan negatif vertikal, tegangan positif vertikal. Umumnya pada tv samsung besarnya tegangan adalah -15 volt dan +15 volt. Jika terukur dibawah itu, bisa menyebabkan cacat gambar atau malah tampilan gambar hanya bergaris horizontal.

Pada kasus yang kami alami, tegangan +15 volt normal, _15 volt normal. Namun tegangan output ic vertikal yang menuju dioda vertikal drop hanya 14,5 volt.

Setelah ditelusuri, ternyata kerusakan pada dioda tersebut yang sudah bocor, atau tidak berkerja maksimal.

Setelah ganti dioda, gambar dapat menyala normal dan televisi sudah bekerja dengan baik dalam penggunaan sehari-hari.