Menu

Menghitung Kecocokan Amplifier: Berapa Watt Power Untuk Speaker 12 inch, 10 inch, 8 inch

Menemukan kecocokan Berapa Watt Power Untuk Speaker 12 inch, 10 inch, 8 inch atau ukuran besar lainnya memerlukan perhitungan yang matang, ini akan mempengaruhi hasil suara yang jernih dan kuat, sehingga semua perangkat Anda dapat bekerja maksimal.

Kadangkala kita tidak memperhatikan faktor ini, sinergi antara speaker entah itu woofer ukuran besar dan amplifier yang digunakan amat penting, sehingga menghasilkan suara maksimal sesuai kebutuhan dan kegunaan yang di inginkan.

Beberapa contoh kasus yang menimbulkan pertanyaan:

  • Ampli 150 watt buat speaker berapa watt
  • Ukuran speaker yang cocok untuk ampli 150 watt
  • Berapa ohm speaker untuk amplifier 300 watt
  • Woofer yang bagus untuk amplifier 1000 watt

Menemukan jawaban dari beberapa pertanyaan diatas tentu saja harus dengan praktek secara langsung, mencari sinergi antara penggunaan power amplifier dan dipasangkan dengan speaker, woofer, maupun tweeter yang paling cocok sehingga mampu menghasilkan suara maksimal.

Dalam tulisan ini akan kita bahas mendalam mengenai kecocokan antara ampli dengan speaker tersebut.

Menambah daya speaker atau memperbesar ukuran speaker saja tidak cukup untuk menghasilkan suara yang keras, bertenaga, dan nada bass besar dengan hentakan kuat. Faktor lain yang tidak boleh dilupakan adalah power ampli itu sendiri, dan penggunaan power supply yang tepat yang nantinya akan mendukung kinerja ampli yang kita pakai.

Mencari Kecocokan Ukuran Speaker Besar dengan Ampli

Apakah semakin besar watt speaker semakin bagus?
Tentu saja, spul speaker dengan ukuran lebihbesar mempunyai kualitas yang lebih bagus dan akan menghasilkan suara yang lebih keras juga. Ini tentu saja dikaitkan dengan beberapa faktor misalnya kecocokan dengan power amplifier yang dipakai, untuk ukuran speaker 12 inch akan maksimal menggunakan ampli daya besar misalnya 300 watt ocl atau 1000 watt.

Maka kita juga harus mencocokkan penggunaan speaker dengan memasangkan pada ampli yang tepat.

Misalnya pada kasus berikut:

  1. Ampli 68 watt akan cocok digunakan untuk speaker ukuran 6-8 inch
  2. Power amplifier 150 watt ocl cocok untuk speaker 10 inch
  3. Power ampli 300-1000 watt akan cocok dipasangkan dengan speaker 12 inch sampai 18 inch

Menyimpulkan

Dari beberapa contoh opsi diatas maka kita akan tahu berapa power ampli yang cocok untuk speaker 10 inch, 12 inch atau 18 inch. Yang nantinya akan menghasilkan suara maksimal ketika kita menggabungkannya dengan tone control dan equalizer yang digunakan.

Tentu saja banyak faktor lain yang mendukung hasil tersebut, salah satunya dengan memaksimalkan penggunaan power supply dengan arus yang memadai.

Yang paling sering digunakan adalah trafo 5 ampere sampai trafo 10 ampere yang dianggap cukup menghasilkan arus besar yang mampu mengangkat power ampli besar.

Maka beberapa faktor lain harus kita pelajari untuk hasil terbaik, yang ini akan dapat didapatkan dengan pengetesan berlanjut dan mencoba sendiri praktek secara langsung.