Menu

Pengertian Impedansi Speaker (apa itu maksud nilai ohm pada speaker)

Pada artikel ini kita akan membahas mengenai impedansi speaker serta maksud nilau ohm yang tercantum pada speaker.

Maksud impedansi speaker

Pengertian impedansi adalah sebuah parameter yang digunakan untuk menentukan ukuran nilai resistansi pada arus AC (bolak balik), pada speaker biasanya dicantumkan nilai impedansi yang merupakan besaran nilai pada coil speaker tersebut.

Maksud dari impedansi pada speaker adalah besarnya nilai resistansi atau besar tahanan speaker tersebut apabila diukur dengan menggunakan ohm meter. Maka akan didapatkan besaran tahanan yang sebenarnya adalah nilai dari lilitan tembaga yang digunakan.

Meskipun sama-sama menggunakan satuan ohm, namun impedansi pada speaker merupakan besaran hambatan dari lilitan tembaga, berbeda dengan resistor yang mempunyai besaran ohm juga.

 

Pengaruh impedansi pada speaker

Besar kecilnya nilai impedansi pada speaker berpengaruh secara langsung pada besaran arus  yang dapat melewati speaker tersebut. Semakin besar nilai impedansi maka arus yang dapat lewat semakin kecil, ini berdampak pada  besarnya watt yang dapat dikeluarkan oleh speaker tersebut.

Secara menyeluruh maka nilai impedansi yang semakin besar maka membutuhkan daya atau watt amplifier yang besar pula untuk menghasilkan suara yang kencang, demikian pula sebaliknya. Impedansi kecil maka speaker tersebut lebih mudah di drive, dengan volume kecil saja maka akan menghasilkan suara yang lebih keras daripada speaker dengan impedansi lebih besar.

 

Lantas apa maksud nilai ohm speaker

Apa itu ohm speaker? Ketika kita melihat sebuah speaker tercantum nilai 8 ohm dan 4 ohm, maka dapat dikatakan kalau speaker tersebut masing-masing mempunyai nilai serupa ketika di ukur dengan ohm meter.

Dan speaker dengan nilai 4 ohm lebih mudah di drive menggunakan power amplifier yang akan menghasilkan suara lebih kencang pada rentang volume yang sama dibandingkan speaker dengan impedansi 8 ohm.

Maka dari itu kita juga dapat mengetahui lebih bagus mana speaker 8 ohm atau 4 ohm? Kalau disuruh memilih maka jawabannya tentu saja disesuaikan dengan kebutuhan.

Ketika hanya mempunia amplifier dengan watt kecil maka nilai impedansi kecil  yakni 4 ohm akan lebih cocok digunakan. Namun kalau power amplifier yang digunakan mencukupi, maka potensi speaker 8 ohm akan lebih keluar dan lebih bagus ketimbang yang 4 ohm.

 

Pengaruh nilai impedansi pada speaker

Untuk masing-masing speaker akan mempunia nilai impedansi tertentu sesuai dengan penggunaannya. Misalnya pada subwoofer dengan nilai impedansi 8 ohm maka akan bagus kalau digunakan dengan perangkat elektronika yang mempunyai daya tidak  terlalu besar.

Ada pula jenis speaker kecil misalnya pada earphone atau earbud, nilai impedansi biasanya lebih besar. Mulai dari 32 ohm sampai dengan 150-600 ohm. Untuk memperoleh potensi terbaik dari speaker tersebut maka diperlukan amplifier yang mendukung dan mempunyai power cukup besar sehingga mampu menggerakkan membran speaker dan coil dapat bekerja optimal.