Menu

Power Amplifier Untuk Woofer 6 Inch dan Twitter Kecil Merk ACR, CURVE, AUDAX, LEGACY, DLL

Penting untuk mencari kecocokan antara power amplifier dan speaker yang hendak digunakan, ini akan memberikan keselarasan dalam merakit sound system yang maksimal, optimal dan menghasilkan suara high fidelity.

Sebelum memutuskan untuk belanja peralatan sound sistem ketika kita hendak merakit sound yang bagus, maka penting melakukan pemilihan komponen dan peralatan yang saling mendukung satu sama lain untuk menciptakan sound yang mumpuni dan menghasilkan suara maksimal.

Maka dari itu kita akan membahas mengenai hal ini sehingga tidak akan salah beli atau salah dalam memilih, yang mengakibatkan pemborosan dan hasil yang tidak sesuai harapan.

Membuat Sound Miniatur

Untuk yang hobi merakit sound system dan perangkat audio, ada kalanya ingin membuat sound kecil-kecilan untuk kamar atau di ruang kerja.

Ini membutuhkan perangkat yang berbeda pula dibandingkan sound lapangan ataub sound system yang lebih besar.

Salah satunya adalah pemilihan perangkat mulai dari perangkat power supply, power ampli, hingga speaker dan penataannya.

Disini kita akan namakan proyek seperti ini adalah membuat sound miniatur, dengan konsep ampli dan speaker woofer 6 inch, twitter kecil sebagai perangkat audionya.

Perangkat yang dibutuhkan akan kita ulas dalam tulisan ini sehingga dapat memberikan ide dan opsi bagi Anda yang hendak membuat konsep sound miniatur dirumah.

Memilih Woofer 6 Inch dan Twitter

Untuk membuat sound miniatur dalam ruangan, sangat cocok menggunakan speaker ukuran 4-6 inch untuk low dan mid, sedangkan penambahan speaker mid menjadi opsi pilihan.

Jika kita tidak akan menambahkan speaker mid, maka bisa saja menggunakan woofer sebagai penampil nada vokal atau mid, jadi tinggal tambah tweeter saja untuk nada tinggi.

Baca juga: Cara Menambah Bass Pada Speaker Aktif Jadi Subwoofer

Di pasaran terdapat banyak pilihan merk misalnya woofer ACR, black spyder, curve, legacy, audax, aiyama, dll tergantung selera dan budget Anda.

Untuk memilih woofer, yang penting kita perhatikan ada output maks dari woofer tersebut, disini yang akan kita pakai adalah woofer dengan daya keluaran maks 60-120 watt.

Twitter yang dipakai pun sama, silakan pilih twitter dengan daya maks 100 watt sehingga hasil nantinya maksimal.

Silakan pilih merk kesayangan Anda, nantinya watt woofer ini penting untuk dicocokkan dengan power ampli.

Pilihan Ampli yang Cocok Untuk Woofer Kecil Ukuran 6 Inch

Untuk woofer ukuran 6 inch atau 8 inch ada banyak pilihan power ampli yang dapat digunakan.

Sebagai gambaran berikut beberapa rekomendasi kami:

  • POwer ampli ocl 150 watt, ini banyak dipakai dan sangat cocok untuk woofer dengan daya 100 watt
  • Power 60 watt, ini juga sesuai
  • Power BTL dengan ic sebagai komponennya, biasanya menghasilkan daya 10-20 watt
  • Power mobil, ini dapat dijumpai di pasaran dalam berbagai merk