Menu

Resistor 12 volt ke 5 volt Untuk Menurunkan Tegangan Aki Motor atau Tegangan DC Adaptor

Menurunkan tegangan dc 12 volt ke 5 volt menggunakan resistor kadangkala diperlukan dalam kondisi tertentu dimana kebutuhan akan besaran tegangan dapat berubah, dan mengharuskan kita melakukan modifikasi untuk menemukan nilai tegangan yang sesuai dengan perangkat elektronika yang hendak digunakan.

Dalam hal ini, kita akan membahas mengenai cara menurunkan tegangan dc 12 volt ke 5 volt dengan komponen yang sangat sedikit, dapat menggunakan satu resistor atau hanya memerlukan resistor dan dioda zener.

Besarnya Nilai Resistor 12 volt ke 5 volt

Menghitung nilai besarnya tahanan resistor yang diperlukan untuk menurunkan tegangan 12 volt dc menjadi 5 volt amat penting, ini akan memberikan kita hasil yang maksimal saat dilakukan pengujian.

Sebelumnya perlu dipahami, jika hanya mengandalkan resistor maka harus dipastikan bahwa sumber tegangan yang hendak diturunkan haruslah stabil dalam skala 12 volt dc.

Jika ada kenaikan atau penurunan tegangan kemungkinan akan berpengaruh pula pada output 5 volt dc yang dihasilkan nantinya.

Ada beberapa cara menemukan besarnya nilai resistor yang dibutuhkan untuk memperoleh hasil 5 volt dc, entah itu memakai 1 resistor atau lebih.

Kita ambil contoh seperti pada gambar berikut:

Penjelasan

Dari gambar diatas kita dapat menarik beberapa kesimpulan:

  • Sumber tegangan 12 volt dc yang stabil
  • Maka akan diperoleh output sebesar 5 volt dc
  • Komponen yang diperlukan adalah 2 resistor, R1: 1,8K, R2: 1,3K
  • Kedua resistor dipasang seri terhadap sumber tegangan
  • Output 5 volt diperoleh dari tengah-tengah antara kedua kaki resistor

Kesimpulan

Untuk menurunkan besarnya tegangan dari 12 volr dc ke 5 volt ada beberapa cara. Sedangkan yang kita ulas kali ini khusus menggunakan resistor.

Cara lainnya menurunkan tegangan dapat memakai:

  1. Dioda zener 5 volt
  2. IC LM7805