Menu

Service TV Mati Total Tidak Menyala, Tegangan Horizontal Tidak Ada

Beberapa macam kerusakan tv dapat ditangani dengan cepat apabila kita sudah pernah mengerjakannya, apalagi kalau televisi led merk-merk tertentu dengan kerusakan klasik, tentu lebih mudah mendeteksi bagian mana yang rusak.

Misalnya TV LG mati total seperti yang pernah saya kerjakan terdahulu, dengan tanda lampu power tidak menyala dan ternyata bagian ac matic  yang mengalami kerusakan, dan masih banyak kerusakan serupa, nampak jelas setelah kita tahu dimana permasalahannya.

 

TV Tabung Rusak Tidak Menyala

Beberapa hari yang lalu saya mendapat satu pasien yang sebenarnya kerusakannya termasuk standar saja. Yaitu sebuah televisi merk Akari 14 inch yang rusak mati total, ketika TV dihidupkan hanya ada suara mencicit seperti halnya ada komponen yang short. Dan memang benar, waktu saya buka dan amati, kemungkinan besar bagian horizontal mengalami kerusakan.

Untuk menunggu komponen yang tepat diperoleh, saya mencoba menganalisa kerusakan yang terjadi tersebut dengan  harapan dapat menemukan klu baru untuk mendeteksi lebih rinci lagi bagian mana yang rusak, dengan demikian tidak akan membuat kita kerja dua kali dengan mengulang kesalahan yang sama.

 

Ganti Transistor Horizontal

Pada TV Akari ini seperti halnya TV yang lain, saya cek transistor horizontal dan ternyata memang short. Karena belum memiliki sparepart, TV saya pending hingga besok harinya saya baru beli transistor.

Setelah menemukan komponen yang sesuai, tidak menunggu lama saya mencocokkan komponen transistor tersebut dan ternyata memang sesuai nilainya, jadi tidak  perlu mencari pengganti yang sama karena sudah dapat dari mesin lain.

Setelah saya pasang, ternyata TV sudah dapat menyala normal dan selesailah satu kerjaan. Tinggal menerima bayaran,, hehe. Tapi sekarang ini saya masih memiliki satu tanggungan yaitu ganti mesin TV karena memang satu TV yang sudah rusak cukup parah, kalau jadi akan saya kerjakan siang ini.

Demikian pengalaman perbaikin tv akari mati total yang akhirnya dapat ditangani tanpa kendala, lalu tv saya panasi dan tidak ada masalah. Untuk selanjutnya tinggal kabari pemiliknya untuk mengambil kalau memang sudah dirasa cukup untuk burn in.



No Comments