Menu

Skema Radio FM Tuner Yang Peka dan Jernih Menangkap Siaran

Penggunaan radio dalam kehidupan sehari-hari masih sangat diminati ditengah kemajuan teknologi saat ini, meskipun sudah mempunyai gadget dan koneksi internet, namun mendengarkan radio fm melalui siaran manual akan jadi sangat asik, karena lagu-lagu yang disajikan sangat beragam apalagi kalau channel yang Anda dengarkan mempunyai nilai nostalgia tersendiri.

Apalagi kalau Anda termasuk orang yang punya minat tersendiri pada pesawat radio dan barang-barang elektronika sejenis misalnya power amplifier rakitan, maka akan jadi hobi tersendiri untuk merangkai perangkat elektronika dengan kreatifitas Anda sendiri.

Radio FM Tuner Yang Peka Menangkap Siaran

Meskipun kita sudah punya radio 2 band atau radio dengan baterai yang biasa di jual di toko elektronik, namun bisa jadi model radio seperti itu belum memberikan kepuasan tersendiri pada diri Anda karena gelombang frekuensi yang mampu ditangkap dari radio kecil tersebut amat terbatas.

Solusinya adalah merakit sendiri radio fm menggunakan tuner khusus yang sensitif dalam menangkap siaran, yang mana bentuk tuner ini berupa kotak persegi panjang, didalamnya terdapat tabung-tabung lilitan induktor dan kapasitor yang memberikan kemampuan sensitifitas tinggi.

‘Rangkaian tuner fm seperti in dapat kita temui dalam bentuk produk siap pakai yang dijual dalam kit tersendiri, namun kalau kita ingin merangkainya maka akan lebih hemat dan memberikan nilai kepuasan tersendiri.

Skema FM Tuner LA1260

Dalam ulasan kali ini yang akan kita bahas adalah mengenai fm tuner dengan komponen utama IC LA 1260 dimana fungsi ic ini adalah untuk mengolah frekuensi radio fm yang ditangkap dari fm transmitter dan meneruskannya pada pengolahan berikutnya.

Silakan cermati skema dibawah:

Pada gambar diatas kita dapat melihat bawah komponen utama yakni tabung tuner adalah terhubung langsung dengan antena, kemudian pada proses selanjutnya sinyal fm akan diolah pada IC LA1260, apabila ada siaran yang tangkap apakah itu jernih atau sinyalnya lemah maka dapat ditampilkan melalui indikator LED, dan sinyal akan diteruskan pada transistor dan IC penguat yakni IC LM386 yang menghasilkan sinyal audio lumayan besar untuk dapat dihubungkan langsung pada speaker.

Namun bila Anda ingin menyambungkan tuner fm ini pada amplifier, maka ini dapat saja dilakukan. Caranya adalah output ke speaker disambungkan langsung pada input amplifier.

Yang perlu Anda ketahui adalah hasil siaran atau sinyal keluaran pada tuner fm ini adalah sinyal mono, karena belum dilengkap dengan IC pengolah untuk dapat menghasilkan sinyal stereo.

Bila ingin dikembangkan, Anda dapat menambahkannya sendiri rangkaian pendukung pada tuner fm ini termasuk memberikan power amplifier yang memadai untuk dapat menikmati siaran radio kesayangan Anda dengan lebih baik lagi. Demikian artikel ini kami ketengahkan, selamat mencoba.