Menu

Ukuran ELCO untuk speaker tweeter agar Treble Ngecis (Efek Tambah Kapasitor Non Polar)

Menentukan berapa ukuran elco untuk speaker tweeter yang bagus memang perlu pertimbangan matang, ini berkaitan dengan hasil suara yang jernih dan ngecis nantinya yang akan dihasilkan oleh twiter kita. Menambahkan capasitor pada speaker memang memberikan pengaruh besar pada audio yang dihasilkan apalagi kalau didukung dengan amplifier yang bagus, maka tentu akan memberikan kualitas suara yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

Efek tambah elco pada tweeter sendiri dapat dirasakan saat kita mengetahui ukuran elco yang bagus untuk tweeter sehingga speaker middle maupun woofer dapat menghasilkan suara maksimal namun tidak mengganggu tweeter karena dipasang elco tersendiri.

Menentukan Ukuran Kapasitor untuk Tweeter

Agar efek treble ngeciss dan jernih, maka kita perlu memasang elco dengan ukuran yang pas. Jenis elco yang dipakai adalah elco non polar, atau kapasitor non polar, yakni jenis yang dapat dipasang bolak balik tanpa ada kutub positif maupun negatifnya.

Banyak yang menyarankan ukuran elco non polar dengan nilai 4,7 uF / 50 volt. Namun kita juga bisa melakukan sendiri yang nantinya akan menentukan efek treble yang dihasilkan pada speaker tweeter.

Rentang elco yang bagus adalah 2 sampai 6 uF dengan voltase 50 volt. Namun perlu dilihat pula dari sumber tegangan power supply, kalau bisa jangan sampai lebih kecil dari tegangan pada power amplifier itu sendiri karena akan meminimalkan efek terbakar pada kapasitor tersebut.

Pengaruh Memasang Elco Pada Speaker Tweeter

Secara pengaruh suara, pemasangan elco ini akan memberikan efek treble yang halus dan lebih jernih sehingga meminimalkan adanya noise, yang mana ini akan menguntungkan kita saat menyetel ampli pada volume tinggi.

Maka suara yang dihasilkan akan jernih dengan treble halus, apabila dirasa kurang maksimal maka Anda dapat mengubah nilai elco tersebut.

Jika didapatkan suara yang maksimak dan sesuai dengan kebutuhan maka dapat dipasang elco yang sesuai dengan ukuran.

Namun kalau dirasa kurang, Anda dapat menambahkan crossover aktif pada speaker sehingga memungkinkan untuk suara yang lebih baik lagi nantinya. Simak penjelasan mengenai Crossover Aktif DISINI.