Menu

6 Cara Menambah Bass Pada Speaker Aktif Seperti Subwoofer

Memang tidak mudah mengaplikasikan cara menambah bass pada speaker aktif layaknya suara subwoofer dengan daya tinggi, namun ada rangkaian penambah nada bass dan treble yang dapat dibeli terpisah sehingga suara speaker aktif jadi ngebass seperti sobwoofer bazooka. Ini tentu bukan cara instan, perlu adanya pemahaman skema menambah bass nendang sehingga dapat dibuat langsung menggunakan pengetahuan yang kita miliki. Memang memerlukan kesabaran dan biaya, namun dengan ketekunan tinggi bukan tidak mungkin hal itu jadi kenyataan.

 

Pendahuluan

Menginginkan perangkat audio menjadi lebih powerful tentu dambaan setiap orang, termasuk mengoptimalkan yang sudah ada misalnya melakukan modifikasi pada speaker aktif biasa agar menjadi subwoofer dengan nada bass yang lembut dan kuat.

Fakta yang harus diterima meskipun sulit adalah bahwa Anda tidak akan mendapatkan bass yang sangat bagus dalam sistem suara yang tidak menyertakan subwoofer dan amplifier untuk mengangkatnya. Masalahnya adalah bahwa speaker yang digunakan pada rangkaian speaker aktif meskipun dengan merk yang bagus tidak cukup besar, dan amplifier stereo yang dipakai juga tidak cukup kuat untuk mereproduksi bass yang dalam dan bebas distorsi.

Karena itu, meningkatkan kinerja speaker bawaan agar menghasilkan suara yang lebih powerful masih dapat menghasilkan beberapa hasil yang cukup kuat. Hanya melakukan penggantian speaker saja memang menempatkan beberapa batasan keras pada apa yang dapat Anda harapkan dari upgrade, tetapi bahan berkualitas lebih tinggi yang ditemukan pada speaker aftermarket dapat membuat dunia berbeda dalam kualitas suara keseluruhan dan respons bass.

Masalah utama adalah bahwa bahkan speaker coaxial terbaik tidak dapat memegang lilin pada subwoofer yang sebenarnya, jadi meskipun dimungkinkan untuk mencapai respons bass yang lebih baik dengan peningkatan speaker yang sederhana, penting untuk meredam harapan Anda. Kualitas suara hampir pasti akan meningkat, tetapi bass tidak akan dapat lebih nendang seperti halnya perangkat audio kelas tinggi.

Maka dari itu, disini kita akan coba memaksimalkan kinerja speaker aktif yang ada dengan beberapa kiat, meskipun terbilang simpel namun dapat dicoba dengan harapan memberikan efek bass yang lebih kuat dari sebelumnya.

 

Memaksimalkan blok tone control

Sebelum Anda mengeluarkan uang untuk meningkatkan bass Anda, penting untuk memastikan bahwa tidak ada yang terlewatkan dari apa yang sudah dimiliki. Misalnya, melihat kembali bagian tone control dari rangkaian speaker aktif bawaan, apakah sudah berfungsi maksimal? Ada baiknya melihat kembali tiap komponen yang ada mungkin ada yang bisa dimaksimalkan.

Kontrol nada dapat berupa bilah fisik atau bilah geser di radio mobil Anda, atau Anda mungkin harus mengakses menu untuk menemukannya. Ketika semuanya gagal, buka manual pemilik Anda dan cari bagian tentang kontrol nada radio mobil.

Jika Anda menemukan bahwa treble telah dinaikkan ke atas, atau bass telah diputar ke bawah, menyesuaikannya dapat memberikan hasil yang memuaskan telinga Anda. Dalam beberapa kasus, menyesuaikan fade untuk mendukung speaker belakang juga dapat membantu, karena mereka sering memiliki kerucut speaker yang lebih besar. Namun, tanpa semacam subwoofer, cukup memutar kontrol nada bass Anda hanya bisa melakukan begitu banyak.

Kalau pengaturan tone control sudah maksimal, mungkin perlu melihat kedalam skema rangkaian yang digunakan, ada beberapa komponen yang dapat diubah sehingga menghasilkan suara dengan nada bass lebih baik dari sebelumnya.

Artikel mengenai cara memaksimalkan kinerja tone control ini sudah pernah dibahas sebelumnya, terdapat beberapa komponen yang dapat dimodif sehingga menghasilkan bass yang cukup nendang, silakan baca disini

 

Mengganti atau menambahkan komponen tertentu

Ada cara lain yang dapat dilakukan untuk menghasilkan nada bass yang lebih maksimal. Adanya instalasi kabel yang kurang baik memberikan efek juga pada hasil suara yang keluar dari speaker. Untuk  itu dapat dilakukan penggantian kabel menggunakan kabel dengan kualitas lebih baik, sehingga menghasilkan suara yang lebih kuat dari sebelumnya.

Beberapa cara tersebut antara lain:

  1. Mengganti kabel instalasi didalam speaker aktif dengan  kabel yang memiliki kualitas lebih baik, mulai dari kabel pada tiap komponen, sampai kabel yang terhubung langsung dengan speaker
  2. Menata letak kabel dan pengaturan didalam speaker
  3. Menambahkan busa atau wool kedalam box speaker agar suara bass lebih maksimal
  4. Mengatur tata letak speaker aktif, misalnya penggunaan di dalam ruangan juga harus difungsikan dalam ruangan, jangan digunakan di ruang terbuka karena suara akan menyebar dan nada bass menjadi kabur
  5. Mengganti speaker bawaan dengan speaker yang memiliki fungsi woofer dengan kualitas terbaik, silakan pilih merk yang sesuai dengan daya atau watt dari rangkaian speaker aktif tersebut