Menu

Cara membuat elemen pemanas tegangan dc dengan kawat nikelin

Bagi yang ingin tahu lebih banyak mengenai rangkaian pemanas induksi sederhana maka silakan baca tulisan ini karena kita akan membahas tentang cara membuat elemen pemanas dengan kawat nikelin dimana beberapa komponen yang digunakan memang sangat umum dan mudah ditemukan, dalam hal ini fungsi kawat nikelin sebagai elemen pemanas memang sangat penting sehingga dapat menghasilkan kalor yang cukup untuk berbagai keperluan sehari-hari.

Membuat sendiri elemen pemanas tegangan dc memang cukup mudah mengingat komponen-komponen yang digunakan tidak terlalu banyak, ini  juga memastikan bahwa kita memahami lebih jauh mengenai apa dan bagaimana seharusnya menyikapi segala hal yang ada mengingat rangkaian heater dc cukup simpel dan memiliki rasa puas tersendiri kalau dapat membuatnya dengan komponen yang kita dapatkan sendiri.

Sebenarnya cukup banyak skema pemanas elemen kawat nikelin yang dapat ditemukan, namun dalam hal pembuatan tentu saja harus memerlukan ketelitian sehingga kita patut memahami lebih jauh fungsi dari masing-masing komponen sebelum memutuskan membuatnya sendiri. Ini adalah langkah awal sehingga segala hal yang ada dalam hidup ini memiliki banyak peluang dan akhirnya kita dapat memahami segala hal yang nantinya akan berdampak pada keuntungan dari berbagai segi.

 

Contoh rangkaian elemen pemanas tegangan DC

Dari beberapa skema elemen pemanas yang kami dapatkan berikut ini salah satu contoh komponen yang dirangkai menjadi elemen pemanas sederhana, yang bekerja pada tegangan DC 12 volt sehingga cukup mudah dipasang pada beberapa keperluan sesuai dengan  yang dikehendaki. Dalam hal ini akan lebih mudah mendapatkan apa yang sepatutnya kita inginkan sehingga segala hal nantinya akan berdampak pada perubahan dari dalam diri sendiri juga bagaimana kita menemukan kebaikan dalam berbagai sudut pandang yang nantinya akan berdampak langsung pada kebaikan pula.

Pada gambar diatas dapat dilihat beberapa komponen yang digunakan memang tidak terlalu sulit didapatkan, komponen utama berupa 2 buah mosfet dengan beberapa komponen pendukung lainnya membentuk elemen pemanas praktis dengan tegangan dc sebagai sumber dayanya. Dan juga kawat pemanas dalam hal ini sebuah lilitan yang akan menghasilkan panas juga cukup sederhana.

Alternatif lain adalah skema elemen pemanas dengan tegangan dc pada gambar dibawah ini dimana konstruksi yang digunakan juga hampir sama dengan gambar nomor satu. Hanya saja kita dapat melihat sisi lain dari rangkaian tersebut dalam bentuk gambar skema yang akan lebih mudah dipahami.

Dari apa yang kita bahas diatas tentu dapat dimengerti bahwa untuk membuat sendiri elemen pemanas dari sistem sederhana dengan tegangan dc memang tidak mustahil, meskipun pemanasan yang dihasilkan juga terbatas dan tidak sebaik kalau menggunakan listrik ac namun setidaknya lebih simpel dan mudah dibuat dengan penggunaan yang tepat pada skala kecil maka akan menghasilkan perangkat yang memiliki kegunaan cukup luas dan membantu kegiatan sehari-hari.