Menu

Cara Membuat Rangkaian Sensor Cahaya Sederhana Menggunakan LDR

Bagi yang penasaran dengan cara membuat rangkaian sensor cahaya dengan komponen LDR sebagai perangkat utamanya, berikut ini akan kita kupas tuntas mengenai cara kerja LDR sebagai sensor cahaya yang tentunya dapat digunakan untuk berbagai keperluan dalam kehidupan sehari-hari. Kadang, kita menemukan kesulitan untuk menerapkan sensor cahaya sebagai saklar atau sebagai pengganti saklar manual, bukan karena keterbatasan biaya namun karena minum pengetahuan dan mungkin daya kreatifitas yang masih rendah menjadikan kita kesulitan mencari ide sederhana untuk menerapkan hal itu dalam kehidupan nyata. Namun demikian bukan tidak mungkin untuk membuat sendiri rangkaian tersebut sehingga semua hal akan berdampak pada keadaan tertentu sehingga semua hal akan kembali seperti sediakala dan dapat menerapkan apa yang mungkin digunakan untuk mencapai tujuan kita sebenarnya.

Mungkin kita sudah pernah membahas hal ini di sekolah dulu, karena prinsip kerja rangkaian elektronika dalam hal ini adalah bagaimana membuat sensor cahaya sederhana dengan komponen yang minim namun dapat bekerja optimal dan dipergunakan untuk banyak keperluan memang mudah, namun akan lebih baik jika kita mengetahui seperti apa keadaan tersebut sebenarnya sehingga semua orang akan mulai memikirkan bagaimana cara kerja dari hal tersebut sehingga bukan tidak mungkin akan menimbulkan hal baru dalam hidup yang pada akhirnya akan membawa kita pada keadaan baru dimana orang mulai penasaran dengan kehidupannya sendiri sehingga bukan tidak mungkin suatu saat kita akan menemukan keadaan baru yang membawa perubahan baru sedemikian rupa sehingga semua hal akan mulai terungkap dengan sendirinya dengan keadaan baru karena semua orang mulai memikirkan bagaimana cara mengatasi hal yang kadang diluar kendali kita sendiri. Karena ada banyak kemungkinan sehingga akhirnya orang akan mulai mencari tahu apa yang kemudian terjadi sehingga orang akan memikirkan bagaimana seharusnya memulai sebuah hobi dan apa yang dianggap mendatangkan manfaat dalam kehidupan ini.

Rangkaian sensor lampu taman atau lampu malam

Salah satu topik yang akan kita bahas kali ini sebenarnya mengarah pada prinsip kerja lampu taman atau sensor gelap, dalam hal ini jika tidak ada cahaya maka LDR akan membaca dan membuat fungsi lampu malam bekerja. Pada dasarnya memang tidak mudah menerapkan rangkaian tersebut, namun alangkah baiknya jika mencari referensi dengan melihat prinsip dasar dari sensor gelap ini dengan membuat sendiri rangkaian sederhana menggunakan LDR.

Berikut adalah contoh sederhana rangkaian sensor gelap atau sensor cahaya yang akan bekerja ketika keadaan gelap dalam hal ini adalah untuk menyalakan lampu LED atau dalam penerapan sebenarnya adalah sebagai saklar lampu taman.

sensor cahaya

Adapun cara membuat rangkaian sensor lampu taman atau sensor cahaya seperti diatas adalah dengan memahami terlebih dahulu komponen apa saja yang diperlukan, dalam hal ini adalah beberapa hal yang memang diperlukan dan dapat ditemukan di tokok elektronika. Sebagai komponen utama adalah transistor BC 557 dan LDR sebagai sensor cahaya. Kemudian dengan tambahan 1 resistor sebagai penahan arus dan sebuah LED sebagai indikator, maka kepekaan sensor cahaya ini dapat diatur dengan menambahkan sebuah potensiometer atau trimpot untuk mengimbangi tahanan dari LDR. Terakhir, tegangan yang digunakan adalah tegangan DC 6 volt yang mana untuk menyalakan lampu LED maka harus dilakukan penyetelan terlebih dahulu pada trimpot sehingga kepekaan LDR dapat diatur. Dengan penyetelan yang tepat maka akan diperoleh seberapa bagus sensor tersebut dapat bekerja ketika tidak ada cahaya yang mengenai LDR.