Menu

Skema Short Protektor Power Supply agar tidak Korsleting

Memiliki skema short protektor power supply memastikan kita selalu menjaga keamanan rangkaian elektronika yang kita rakit, sehingga menggambar rangkaian short circuit protection yang bagus dapat memberikan peluang untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dari apa yang kita bayangkan saat ini. Meskipun sudah dibuat dengan perencanaan yang matang namun tidak jarang ada hal baru yang membuat rangkaian kita rusak, salah satunya dengan adanya hubung singkat yang terjadi pada pcb atau komponennya.

Hal ini membuat kita perlu untuk mengetahui lebih lanjut tentang skema agar power supply tidak korsleting dan akhirnya merusak rangkaian secara keseluruhan. Dan akhirnya memberikan hasil yang maksimal seperti apa yang sudah direncanakan sebelumnya.

Meskipun terasa sulit, namun mencari sendiri rangkaian pencegah konsleting pada power supply atau adaptor memungkinkan kita untuk mengamankan rangkaian dengan lebih baik dari sebelumnya. Sehingga timbul keinginan untuk menemukan kembali keadaan yang baik yang akhirnya membawa kita pada situasi terkini yang tidak di inginkan.

Rangkaian pengaman power supply

Sekian banyak rangkaian short protector yang ada tentu membuat kita bingung, seperti apa model rangkaian yang bagus sehingga patut dirakit sendiri atau minimal kita mengetahui skema nya dengan lengkap. Pada akhirnya akan ada keinginan untuk membuat sendiri rangkaian tersebut, dan membawa setiap hal baru dalam hidup ini sehingga apa yang dilakukan pada akhirnya akan berdampak baik pada kehidupan termasuk bagaimana kita menyikapi setiap masalah  yang ada.

Mari kita simak lebih jauh skema berikut untuk memastikan pemahaman mengenai skema circuit short protection dapat dipahami dengan baik.

Pada gambar diatas nampak beberapa komponen yang cukup mudah dipahami karena menggunakan jalur pcb yang tidak terlalu rumit. Sehingga kita mudah merangkai sendiri skema tersebut dengan mencari komponen yang mudah ditemukan.

Pada dasarnya rangkaian tersebut adalah penstabil tegangan 5 volt dc, yang akan menghasilkan tegangan dc stabil sehingga tidak akan merusak perangkat elektronika yang digunakan. Pada akhirnya akan ada peluang untuk menemukan kembali sistem yang dapat membuat perangkat aman apabila terjadi lonjakan tegangan dari power supply.

Sedangkan pada gambar diatas dapat kita lihat rangkaian pengaman tegangan  lebih dengan skema yang lebih kompleks, menggunakan beberapa komponen termasuk relay dan lilitan didalamnya. Serta potensio untuk mengatur seberapa sensitif pengaman tegangan tersebut.

Meskipun nilai masing-masing komponen tidak disebutkan secara rinci namun kita dapat melihat bahwa skema tersebut memang dapat dipahami dengan beberapa komponen yang digunakan, memungkinkan kita untuk mengembangkan lebih jauh sehingga dapat digunakan pada perangkat yang lebih bagus lagi untuk selanjutnya.

Memahami bagaimana fungsi short protection power supply membuat kita lebih tahu bagaimana pentingnya pengaman untuk memastikan perangkat yang digunakan tidak akan terpengaruh meskipun terjadi kerusakan pada blok power supply, dan bagaimana kalau sampai timbul tegangan  yang berlebih yang akhirnya akan merugikan kita kalau tidak diantisipasi untuk langkah selanjutnya.