Menu

Cara Memperkuat Suara Ampli Rakitan agar Efek Bass Jedug Mantap

Kadangkala kita menginginkan sesuatu yang beda dari rangkaian power amplifier milik sendiri, misalnya menginginkan skema agar efek bass tambah mantap dan bunyi jauh lebih jedag jedug dari biasanya. Mencari cara memperkuat suara ampli rakitan akar power naik berlipat lipat rasanya tidak mudah, diperlukan ketekunan untuk mengerjakan hal tersebut, sehingga apa yang dilakukan demi mendapatkan kualitas yang lebih baik tentu akan membuat kita merasa lebih penasaran lagi dari apa yang sudah diketahui saat ini.

Misalnya dalam mencari skema bass jedug dari tone control, maka yang perlu di utak atik adalah bagian resistor dan capasitor untuk menguatkan bass dan treble, sedangkan pada pencarian power amplifier rakitan terbaik maka kita harus mengerti komponen utama yang digunakan sebagai penguat, apakah melalui rangkaian transistor atau menggunakan model IC.

Memiliki power amplifier buatan sendiri tentu penuh rasa bangga, bagaimana proses membuat ampli tersebut sehingga menghasilkan sesuatu yang dapat kita gunakan dalam dunia audio. Memang tidak mudah proses pembuatannya sehingga diperlukan berbagai langkah sebelum akhirnya mencapai tahap finish.

 

Pendahuluan

Sebenarnya kita sudah sering membahas mengenai proses menguatkan power amplifier yang dimiliki, dengan berbagai cara yang mudah dipahami. Namun mungkin patut kita ulas kembali sehingga memberikan kesan yang lebih baik dan bisa dipraktekkan sendiri.

Dalam menambah power atau output dari sebuah amplifier maka diperlukan penanganan khusus sehingga diperoleh hasil maksimal sesuai keinginan. Misalnya dengan menghasilkan watt atau daya yang lebih besar, sehingga suara yang dihasilkan juga lebih kencang atau keras terdengar.

Suara keluaran yang kencang saja tidak cukup, namun perlu memperhatikan agar tidak ada noise atau suara yang tidak jernih, oleh sebab itu perlu memperhatikan setiap proses penguatan agar disesuaikan dengan pre amp dan tone control yang digunakan.

Sehingga apa yang dilakukan untuk menambah daya atau watt dari power amplifier adalah proses menyeluruh yang tidak dapat dipisahkan, mulai dari pemilihan pre amp yang cocok , misalnya menambahkan mega bass atau super galaxy.

 

Menguatkan suara power amplifier dengan sistem bridge

Salah satu cara yang digunakan untuk menambah daya keluaran dari power amplifier adalah dengan sistem jembatan atau bridge, dimana sistem ini akan memungkinkan kita memperoleh keluaran power yang lebih maksimal, dan mendapatkan kualitas suara yang lebih baik dari pada versi normalnya.

Namun tidak semua ampli cocok digunakan sistem bridge ini, salah satu yang baik dipakai untuk sistem bridge adalah power ampli untuk mobil. Dengan memasang speaker pada sisi kiri dan kanan yang masing-masing sebelumnya memiliki 4 channel, maka setelah di bridge akan menyisakan 2 channel kiri dan kanan.

Simak selengkapnya mengenai penguatan power ampli dengan sistem bridge disini

 

Cara agar efek bass tambah mantap jedug-jedug

Menambah efek bass pada tone control sebenarnya tidak sulit, ketika kita sudah memahami dengan baik skema dari rangkaian tersebut. Dengan mengubah nilai resistor yang berhubungan dengan potensio bass maka dapat mengecilkan atau menambah besar nada bass yang dihasilkan.

Sama halnya dengan penambahan nada bass dan treble secara keseluruhan, kita dapat memasang rangkaian super galaxy atau pre amp yang berfungsi menghasilkan nada hifi sebelum akhirnya dihubungkan dengan tone control dan dikuatkan oleh power amplifier. Namun memilih jenis rangkaian yang cocok sebaiknya kita pertimbangkan dengan baik.

Baca selengkapnya mengenai proses menambah nada bass agar lebih mantap dan nada treble yang jernih disini