Menu

Skema Penambah Treble Serta Bass Dengan Potensio

Merancang sendiri rangkaian penguat midrange agar jernih serta menambah nada bass yang dapat diatur sendiri menggunakan potensiometer rasanya perlu dilakukan, dimana skema penambah treble sederhana tersebut bisa dengan mudah dirakit menggunakan komponen yang mudah ditemukan di toko-toko elektronik. Meskipun banyak pertimbangan untuk membuat sendiri rangkaian kit yang di inginkan namun kita dapat memulai dengan latihan untuk mendesain sendiri pcb kosong kemudian mengisinya dengan rangkaian tone control atau super galaxy yang sebelumnya sudah dipilih untuk menentukan seperti apa rangkaian tersebut, apakah cocok dengan power amplifier yang hendak digunakan atau belum.

Memilih seperti apa rangkaian tone control yang cocok untuk amplifier sendiri paling mudah dilakukan, ketika kita sudah tahu seperti apa karakteristik serta watt amplifier tersebut, sehingga akan efisien serta tidak membuang-buang biaya yang sebenarnya masih dapat kita minimalisir.

Dalam pembahasan sebelumnya sebenarnya sudah pernah dibahas mengenai hal ini, bagaimana menentukan penguat bass dan treble yang baik serta rangkaian seperti apa yang patut kita gunakan. Namun masih menjadi tanda tanya apakah hal itu akan mampu diterapkan atau hanya akan membuang waktu saja karena tidak sesuai dengan keinginan hati.

 

Memilih rangkaian pengatur treble dan bass yang sesuai

Hal paling awal yang dapat dilakukan adalah menentukan seperti apa karakter power amplifier yang kita gunakan, sebelum akhirnya dapat membuat sendiri rangkaian galaxy dan tone control yang patut untuk dipasangkan dengan power amplifier tersebut. Sehingga akan mudah mencari tahu bagaimana karakteristik yang patut dicoba, yang akhirnya akan sampai pada keputusan untuk mencari tahu bagaimana cara membuat tone control tersebut dengan seksama, yang akhirnya akan membuat kita merasa puas dengan hal tersebut.

Silahkan disimak pada gambar berikut, adalah sebuah skema pengatur treble dan bass yang sederhana. Ini seringkali disebut dengan tone control yang menggunakan IC sebagai komponen utama dalam rangkaian tersebut.

Dari skema penambah treble bass diatas dapat dilihat bahwa beberapa komponen yang digunakan mudah sekali ditemukan bahkan hanya menggunakan komponen yang tidak terlalu banyak, sehingga kita mudah dalam mengatur tata letak pada layout pcb nantinya. Dalam hal ini memang tidak mudah menggambar jalur komponen pada pcb, namun saat kita sudah berlatih maka akan menemukan kecocokan dalam hal itu.

Daftar komponen tone control diatas:

3 buah Resistor:            10 kΩ
1 buah Resistor:             3.3 kΩ
2 buah Resistor:            56 kΩ
2 buah Potentiometer: 50 kΩ
2 buah Capacitor:          33 nF
2 buah Capacitor:         3.3 nF
2 buah Elco:                   1 µF
1 buah IC:                        NJM4558

 

Mengapa perlu menentukan rangkaian yang tepat untuk amplifier

Memilih jenis tone control yang tepat untuk power amplier menjadi amat penting, hal ini adalah untuk membuat daya keluaran amplier tersebut efisien dan cocok dengan pre amp atau tone control yang digunakan. Kalau daya yang dihasilkan power amplifier tidak didukung oleh tipe tone control yang baik maka hasil suara tidak masimal, demikian pula sebaliknya.