Menu

Modif Power OCL 150 watt agar Suara Amplifier Jernih Tidak Pecah

Mencari cara agar suara ampli jernih dan tidak sember tentu saja membuat kita merasa perlu memahami lebih jauh apa yang harus dilakukan, apalagi untuk modif power ocl 150 watt untuk subwoofer agar bass mantap memerlukan ketekunan tinggi, maka kita perlu memahami cara lebih sederhana sehingga ditemukan kiat khusus yang paling baik untuk diterapkan.

Meskipun sudah memiliki power amplifier dengan daya besar namun belum jaminan akan mendapatkan kualitas suara yang jernih dan semua frekuensinya bekerja dengan baik, misalnya nada bass dan treble terasa kurang, atau suara vokal kurang manis. Hal ini yang menjadi pekerjaan sampingan untuk melakukan modifikasi atau sentuhan terakhir sehingga diperoleh suara dengan karakteristik seperti yang diharapkan.

Memang tidak mudah melakukan modifikasi power amplifier untuk lapangan  atau kegunaan diluar rumah karena memerlukan daya tinggi dan dukungan speaker yang mumpuni pula. Akan tetapi kalau kita ingin mendapatkan suara yang jernih bebas noise tentu saja juga harus memperhatikan banyak faktor pendukungnya sehingga diperoleh hasil yang baik.

 

Modif tone control agar suara jernih

Salah satu bagian penting dari proses penguatan amplifier adalah bagian yang didepan, yaitu tone control, mixer, dan juga pre amp. Hal ini menentukan hasil yang akan dicapai oleh tahapan selanjutnya yakni final power amplifier, kalau menggunakan komponen yang baik maka hasil penguatan akan jernih dan jelas.

Untuk itulah, yang akan kita lakukan agar power ampli menghasilkan suara jernih maka langkah awal adalah melakukan modifikasi pada bagian tone control. Ini dapat dimulai sendiri, yakni dengan menambahkan beberapa capasitor khusus pada channel kiri dan kanan dari tone control tersebut.

Mungkin perlu memahami terlebih dahulu jalur-jalur pada tone control untuk memudahkan proses modif ini, namun yang perlu diperhatikan adalah penambahan capasitor harus sama antara channel kiri dan kanan, agar suara yang dihasilkan juga sama.

Kapasitor yang paling baik untuk filter atau meredam noise adalah kapasitor kertas, ini akan kita tambahkan baik pada input maupun jalur output yang menuju ke power amplifier. Akan lebih baik dipilih menggunakan capasitor yang nilainya kecil terlebih dahulu, kemudian melihat hasilnya.

Kalau dirasa kurang, maka bisa ditambahkan nilainya. Biasanya kesan pertama yang terasa adalah suara treble jadi lebih halus, minim noise dan suara desisan, sehingga suara lebih halus, empuk dan terasa bening.

 

Penambahan crossover pada speaker

Cara lain untuk meredam noise dan menambah jernih suara adalah dengan penambahan crossover pada loudspeaker yang digunakan. Selain mengamankan speaker dari lonjakan arus yang besar pada keluaran power amplifier, fungsi lain dari rangkaian ini adalah untuk memperoleh suara yang lebih baik dari sebelumnya.

Bagaimana karakteristik suara yang dikehendaki bergantung pada eksperimen kita, pemasangan nilai capasitor yang digunakan dan banyaknya jumlah lilitan yang dipasang menentukan seperti apa suara yang dihasilkan.

Kita dapat mengatur nilai capasitor elco tegangan tinggi yang dihubungkan secara seri pada tweeter atau midrange, untuk memperoleh suara yang jernih, dan jenis suara yang di inginkan sehingga tidak akan mengganggu dengan adanya noise atau suara kasar yang tidak dikehendaki.

Selengkapnya mengenai crossover silakan baca disini

Pada pertemuan selanjutnya kita akan bahas lebih jauh mengenai modifikasi power amplifier untuk mendapatkan suara yang jernih, ideal dan sangat cocok dengan speaker yang digunakan sehingga tidak sia-sia dana yang sudah dikeluarkan untuk merakit ampli tersebut.