Menu

Pengertian, Fungsi, dan Simbol LED (Light Emmiting Diode)

Pengertian LED

LED atau singkatan dari Light Emmiting Diode adalah komponen elektronika yang dapat memancarkan cahaya apabila mendapatkan aliran tegangan maju, atau dialiri tegangan layaknya dioda dengan konfigurasi tegangan maju. LED dapat diartikan sebagai sebuah dioda yang dapat memancarkan cahaya, karena komponen ini memang termasuk dalam keluarga dioda.

Dilihat dari simbol LED juga hampir sama dengan simbol dioda, hanya saja memiliki sedikit perbedaan pada simbol yang menjelaskan bahwa komponen ini dapat memancarkan cahaya apabila mendapatkan aliran tegangan.

Bahan semikonduktor yang digunakan untuk membuat led dapat memberikan bermacam warna pada led, misalnya warna merah, hijau, kuning, dan warna biru. Ada pula jenis led yang dapat difungsikan untuk memancarkan cahaya infrared misalnya dalam penggunaan untuk remote control.

 

Simbol

Untuk mengenali komponen LED dalam sebuah rangkaian elektronika sebenarnya mudah, karena simbol led memang memberikan ciri khas yang dapat langsung kita kenali apabila ditunjukkan dalam sebuah skema rangkaian ataupun dalam layout pcb.

Berikut adalah gambar simbol LED:

Dari simbol led diatas dapat kita ketahui bahwa led memiliki dua kaki atau kutub yang berbeda, masing-masing adalah katoda dan anoda. Pemasangan led pada rangkaian juga tidak boleh terbalik, karena apabila dipasang terbalik maka led tidak akan dapat memancarkan cahaya dan tidak dapat dialiri tegangan listrik.

 

Fungsi LED

Lebih jauh memahami seperti apa fungsi led ketika diterapkan dalam sebuah rangkaian maka kita akan membahasnya lebih jauh. Karena akan dapat ditemukan berbagai fungsi apabila dihubungkan dengan penggunaan sehari-hari.

Sekarang ini banyak sekali penggunaan led dalam kehidupan kita, bahkan bukan hanya dalam dunia elektronika saja namun merambah dalam berbagai keperluan yang menggunakan led sebagai komponen utama karena memang sangat efisien.

Beberapa contoh penggunaan LED:

  1. Sebagai indikator atau penunjuk dalam rangkaian elektronika. Hal ini dapat dilihat dari cahaya yang dipancarkan oleh led, misalnya cahaya merah atau hijau
  2. Sebagai sensor infrared pada remote control
  3. Sebagai komponen utama dalam monitor komputer atau televisi yang menggunakan teknologi LED pada layarnya
  4. Sebagai lampu pada kendaraan bermotor
  5. Dan masih banyak lagi

Tulisan menarik yang berhubungan dengan LED:

 

Dari berbagai fungsi tersebut dapat kita jumpai dengan mudah dalam penggunaan sehari-hari, mengingat teknologi led saat ini memang sangat diperlukan. Hal ini karena led dirasa memiliki banyak keuntungan daripada komponen lampu biasa.

Misalnya led yang tidak mengeluarkan panas, maka akan sangat membantu dalam penggunaan sebagai lampu atau penerangan.

Juga konsumsi daya yang tidak terlalu besar menyebabkan led sangat efisien apabila digunakan dalam perangkat elektronika dan penggunaan sehari hari. Lebih jauh lagi mengenai penggunaan led tentu dapat kita pelajari dalam kehidupan sehari-hari karena dapat dijumpai berbagai penggunaan yang melibatkan led sebagai komponennya.