Menu

Skema rangkaian las listrik sederhana dengan trafo inverter

Cara membuat trafo las listrik sendiri memang tidak mudah, setidaknya kita harus memahami seperti apa skema rangkaian las listrik sederhana buatan sendiri sehingga tidak bingung menemukan apa yang kiranya cocok dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum memilih jenis mesin las yang bagus entah itu buatan sendiri atau membeli yang sudah jadi.

Memang saat ini terdapat sangat banyak pilihan yang dapat kita temukan dipasaran sehingga memungkinkan untuk membuat sendiri bagian-bagian mesin las listrik yang lebih simple, tidak memakan banyak biaya dan sesuai dengan keperluan kerja.

Namun demikian harus dipahami kembali bahwa apa yang kita buat belum tentu cocok dengan selera dan kebutuhan sehingga harus membuat sendiri bagian yang paling mirip dengan apa yang hendak kita gunakan untuk keperluan kerja, sehingga tidak buang tenaga dan bahan.

 

Contoh rangkaian las listrik buatan sendiri

Sebenarnya kita dapat saja membeli mesin las yang sudah jadi dan lebih cepat dan praktis, namun karena beberapa alasan kadang kita menginginkan sesuatu yang beda dari biasanya. Sehingga lebih suka membuat sendiri rangkaian las tersebut dengan alat dan bahan yang mudah ditemukan disekitar kita.

Hal ini juga mendatangkan banyak keuntungan termasuk bagaimana kita memulai kreatifitas dengan memanfaatkan bahan dan alat seadanya, namun dengan hasil yang tidak kalah dengan buatan pabrik.

Berikut adalah contoh skema mesin las listrik yang dikutip dari blog kang karya nyata, silakan diamati dan mungkin dapat diaplikasikan sesuai kebutuhan.

 

Sekilas penjelasan mengenai mesin las listrik sederhana

Dari gambar diatas kita dapat memahami bahwa ada beberapa komponen penting yang mendukung sehingga mesin las listrik tersebut dipastikan dapat bekerja optimal meskipun termasuk menggunakan komponen yang minimalis, karena beberapa komponen merupakan bagian yang harus dipenuhi dari suatu mesin las, misalnya IC 555 dan IC 7809 yang merupakan komponen penting dalam rangkaian tersebut.

Selain itu adanya beberapa transistor NPN yang dirangkai paralel memastikan adanya arus yang cukup besar untuk mendukung mesin bekerja secara optimal, juga penggunaan lilitan dan ferit yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan memastikan kita dapat membuat sendiri mesin tersebut seperti apa yang kita kehendaki.

Mungkin kita memiliki perkiraan tersendiri untuk memastikan seperti apa rangkaian mesin las listrik yang hendak kita gunakan dapat bekerja dengan baik. Sehingga dengan komponen dan bahan yang terbatas tetap dihasilkan rangkaian yang bagus dan menarik untuk digunakan dalam kebutuhan sehari-hari.

Pada akhirnya kita memang dapat membuat sendiri mesin las sesuai dengan kebutuhan, meskipun belum tentu cocok dengan apa yang di inginkan namun mungkin akan ada alasan lain mengapa orang menginginkan mesin buatannya sendiri. Yang akhirnya akan sesuai dengan beberapa mesin di lapangan dan cocok untuk pekerjaan sehari-hari kita.