Menu

Pengertian dan fungsi batang ferit (ferrite bead)

Salah satu komponen elektronika yang banyak dijumpai adalah ferrite bead, atau dalam bahasa sehari-hari kita sering menyebutnya dengan nama batang ferit. Pengertian ferrite beat adalah sebuah komponen elektronika pasif yang berbentuk cincin atau silinder panjang yang terbuat dari bahan karbon keras berwarna gelap. Ferrite bead ini dapat kita temukan pada kabel-kabel elektronika, komputer atau dalam rangkaian televisi, radio, sampai pada kendaraan bermotor juga menggunakan batang ferit ini.

Lalu apa fungsinya? Batang ferit berfungsi meredam timbulnya frekuensi liar atau meredam noise yang timbul dari transmisi frekuensi atau tegangan listrik pada kabel, sehingga frekuensi yang dihasilkan dapat lebih bersih dari noise, dapat diolah dengan baik tanpa adanya campuran frekuensi liar yang mengganggu.

Itulah tadi kira-kira arti ferrite bead atau sering disebut batang ferit, yang merupakan salah satu komponen pasif yang sering kita jumpai. Sekilas memang tidak nampak terlalu penting, namun tahukah Anda bahwa hampir dalam semua perangkat elektronika menggunakan komponen ferit ini. Namun memang dalam bermacam bentuk dan fungsi, sehingga kita dapat melihat lebih jauh saat mengamati secara langsung dari komponen tersebut.

 

Penggunaan ferrite bead

Secara umum, ferrite bead ini berguna untuk menyaring frekuensi tinggi atau frekuensi liar agar lebih bersih dari noise, yang mana hal ini akan berpengaruh pada pengolahan selanjutnya sehingga lebih baik. Misalnya pada perangkat elektronika, menggunakan batang ferit memastikan tidak ada noise yang menyebabkan dengung, atau menyebabkan terganggunya frekuensi sehingga terjadi penyimpangan tidak seperti yang diharapkan. Dengan penambahan ferit ini maka dapat meredam sinyal liar tersebut.

Sebagai contoh pada rangkaian power supply, yang menggunakan batang ferit pada trafo nya. Sehingga tegangan keluaran yang dihasilkan lebih stabil, bersih dari noise yang akan mengganggu kalau dibiarkan. Setelah diubah menjadi tegangan dc pun kita masih sering menjumpai lilitan kawat tembaga dengan batang ferit ditengah, ini juga berguna untuk menetapkan frekuensi tertentu yang bersih dari noise.

Penggunaan lain adalah pada pesawat radio atau televisi, untuk memperoleh frekuensi yang stabil maka digunakan lilitan kawat tembaga dengan batang ferit sebagai intinya. Ini memastikan frekuensi tersebut dapat stabil dan dapat digunakan untuk mengolah sinyal radio dari pemancar, dan dapat diteruskan pada perangkat receiver sehingga selanjutnya dijadikan sinyal suara.

Ferrite bead juga dapat ditemukan pada kabel kendaraan bermotor, pada kabel data komputer, dan perangkat-perangkat lain yang memerlukan filter noise sebagai jaminan sinyal yang dioleh bersih dari gangguan frekuensi yang tidak diinginkan.

 

Kesimpulan

Sebenarnya kita sudah sangat sering menjumpai komponen ferrite bead ini, yang mana hampir pada semua perangkat elektronika menggunakannya. Namun dalam bermacam bentuk dan ukuran, dan masing-masing ditentukan untuk memberikan fungsi yang paling sesuai dengan perangkat tersebut.

Demikian tulisan ini semoga memberikan tambahan wawasan bagi kita semua, sampai jumpa pada pembahasan mendatang di blog rangkaian elektronika info.