Menu

Rangkaian Modulator Pemancar

Rangkaian Modulator Pemancar – Dari rangkaian modualtor pemancar ini ada komponen-komponen resistor yang termasuk jenis NTC (Negative Temperature Coeficient). Sedangkan jenis-jenis resistor ini merupakan tahanan tetap karena jika ada arus masuk maka secara otomatis arus itu akan berkurang jika jumlahnya cukup besar. Sebetulnya penggunaan NTC ini banyak sekali dipakai di dalam susunan rangkaian radio, tetapi dapat pula dimanfaatkan untuk rangkaian amplifier. Sedangkan fungsinya cuma sebagai pengatur jalannya arus yang dipakai di dalam rangkaian penguat akhir pada powernya. Karena dengan memakai tahanan NTC ini, maka kondisi arus akan tetap stabil sehingga suara yang keluar melewati speaker akan menjadi lebih baik.

Di bawah ini kami sajikan gambar skema Rangkaian Modulator Pemancar. Silakan Anda lihat dan pelajari untuk materi praktek atau perakitan.
Gambar Skema Rangkaian Modulator Pemancar
Komponen-komponen yang diperlukan :
Resistor :
R1,R3,R5 = 1K
R2,          = 20K
R4,R6      = 18K
R7,R10   = 3K9
R8             = 500 Ω
R9        = 100 Ω
R11      = 220 Ω
R12      = NTC 170
R13      = 5 Ω

Kondensator :
C1, C2    = 10uF
C3, C4    = 50uF

Transistor :
T1, T2    = 2SB175
T3, T4    = 2SB178

Lain-lain :
Tr1       = IT 191
Tr2      = OT 240
Ls         = Loudspeaker
S           = Sakelar
Tenaga listrik yang diperlukan adalah 6 Volt DC

Kalau kita memperhatikan bentuk gambar skema rangkaian di atas, maka merupakan bentuk-bentuk rangkaian dari suatu modulator. Ya, Rangkaian Modulator Pemancar. Namun fungsinya bukan sebagai pemancar sebagaimana layaknya pemancar yang sering digunakan seorang breaker. Melainkan sebagai penguat saja yang tidak ubahnya seperti sebuah amplifier. Jadi tidak dapat dipakai, melainkan cuma modulatornya saja.