Home / Radio / Rangkaian Pemancar Radio Siaran FM

Rangkaian Pemancar Radio Siaran FM

Pemancar radio dibangun untuk berbagai tujuan, yakni untuk kepentingan komunikasi dan siaran. Ada tiga macam frekuensi (gelombang) yang telah kita kenal : SW (Short Wave), MW (Medium Wave) dan FM (Frequency Modulation). Dari ketiga macam itu yang sekarang sedang trend adalah gelombang / frekuensi FM yang memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan MW/AM. Mendengarkan siaran melalui radio memang cukup mangasyikkan sebab mendengarkan radio bisa sambil tiduran, sambil belajar, bekerja bahkan sambil mengemudi kendaraan. Dengan rangkaian pemancar radio siaran FM ini Anda bisa menyelenggarakan siaran radio yang beroperasi di jalur FM. Anda bisa menghadirkan acara-acara siaran yang berguna bagi masyarakat dengan jangkauan yang lebih luas.

Untuk tujuan siaran komersial memang perizinannya lumayan sulit karena harus mendapat rekomendasi dari Diskominfo selain ada studi kelayakan. Namun untuk radio komunitas, kesempatan masih terbuka lebar untuk mendirikan stasiun radio. Bila Anda tertarik ingin membuat radio komunitas yang berbasis FM, Anda bisa menggunakan skema rangkaian pemancar radio siaran FM di bawah ini sebagai acuannya.
Gambar Skema Rangkaian Pemancar Radio Siaran FM
Berikut ini daftar komponen atau materi yang harus Anda sediakan :
R1 = 15KW/2W
R2 = 1KW/10W
R3 = 1KW/10W
C1 =  50pF trimmer
C2 =  30pF trimmer
C3 =  2pF/4KV
C4, c6, c9 =  10nF/1KV
C5, c7 =  1nF/1KV
C8 = 100mF+100mF/450V (Double electrolytic)
C9, c10 =  10nF
RFC1, rfc2, rfc3 air Inductors: 15 coils diameter 8mm, from wire 1mm.
T1 = Transformer 220V/6V-1A
T2 = Transformer 4 atau 8 Watt
T3 = Induktor dengan core ferrite
D1 = BY127 rectifier
Lamp 807 SYLV USA / EL34 / equivalent
ANTENNA Simple dipole L/2. (L= wave length)
S1 Main switch of catering.
S2 Switch of catering of rise

Daya pancar yang dihasilkan dari rangkaian pemancar radio siaran FM ini sebesar 45 Watt. Cukup layak untuk ukuran radio komunitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top