Menu

Rangkaian Penguji Tegangan Komponen

Rangkaian Penguji Tegangan Komponen – rangkaian sederhana ini bisa untuk menguji/tes speaker, mikrofon, transformator dan tegangannya. Rangkaian ini pada dasarnya adalah sebuah osilator frekuensi sangat rendah yang menghasilkan pulsa sangat singkat. Jenis suara yang dihasilkan sangat mudah untuk didengar dan untuk menentukan arah datang yang tepat sehingga membuatnya ideal untuk memeriksa pentahapan dalam instalasi speaker ganda. Hal ini juga sangat berguna untuk instalasi stereo mobil di mana ia dapat mendorong puluhan speaker langsung pada sistem jalur 100V atau 70V.

Rangkaian Penguji Tegangan Komponen ini juga berguna untuk memeriksa mikrofon dinamis (bukan jenis kondensor), headphone, transformer (baik audio dan listrik) dan beban resistensi (hanya pemeriksaan visual melalui LED). Pulsa yang dihasilkan dapat terdengar sangat keras untuk beberapa sirkuit halus seperti mikrofon dinamis dan headphone, tapi pulsa begitu singkat sehingga hampir tidak mungkin merusak karena  arus rata-rata aliran hanya beberapa milliamps.
Gambar Skema Rangkaian Penguji Tegangan KomponenDaftar komponen :
R1 = 5.6M
R2 = 1.8R
R3 = 15R
R4 = 220R
Q1 = BC327
Q2 = BC337
D1 = LED hijau
D2 = LED merah
D3 = 1N4148
Z1 = 6.8V Zener
C1 = 0.033uF
B1 = Baterai 3V

Rangkaian Penguji Tegangan Komponen tidak memerlukan saklar daya sebagai osilator yang hanya beroperasi ketika sisi negatif dari baterai terhubung melalui beban yang sedang diuji. LED berkedip pada pulsa masing-masing sebagai indikasi visual bahwa beban lebih rendah dari sekitar 1000O. Rangkaian bekerja dari baterai 3V. Untuk menggunakan baterai 9V harus mengubah resistor 15o menjadi 47O, resistor 1.8O dengan 5.6O dan kapasitor 0,033 μF dengan 01 μF. LED2, dioda D3, ZD1 dioda zener dan resistor bentuk seri 220O merupakan indikator tegangan yang digunakan untuk mendeteksi dan menunjukkan adanya tegangan lebih besar dari 10V. LED2 hanya menyala jika tegangan naik di atas batas yang ditetapkan oleh ZD1 dan D1, yang lebih dari tegangan baterai (3V atau 9V). Komponen-komponen ini dapat dihilangkan jika perangkat tersebut tidak akan digunakan untuk bekerja pada mobil. Namun, itu cukup berguna memiliki sebuah perangkat yang dapat memeriksa kabel listrik  dan speaker di dalam mobil.