Menu

Rangkaian Regulator Tegangan

Sebuah gadget elektronik bisa berfungsi dengan baik karena adanya regulator tegangan. Dengan adanya regulator tegangan suplai arus menjadi lancar dan tidak ada hambatan sehingga bisa mencukupi kebutuhan daya yang diperlukan komponen-komponen dalam rangkaian gadget tersebut. Setiap gadget atau benda-benda elektronik membutuhkan tegangan yang berbeda-beda maka regulator tegangan pun dibuat berbeda sesuai dengan peruntukannya. Dengan Rangkaian Regulator Tegangan kebutuhan suplai akan bisa dipenuhi secara maksimal dan optimal.

Regulator tegangan seri 78xx-series ditemukan di banyak pasokan listrik analog. 78xx ini hampir selalu digunakan ‘telanjang’, karena komponen tambahan hampir tidak perlu. Bahkan, hanya satu komponen tambahan yang diperlukan, dan itu adalah kapasitor C2. Berdasarkan rekomendasi pabrik, kapasitor ini harus 220nF untuk mencegah osilasi. Dalam prakteknya, Anda akan hampir selalu melihat bahwa kapasitor 100nF yang digunakan di sini. Ini adalah nilai yang tidak menyebabkan masalah. C1 adalah smoothing kapasitor, tujuannya adalah untuk mengurangi riak dari perbaikan tegangan AC dan tidak benar-benar berhubungan dengan pengaturan tegangan. Silakan Anda lihat dan pelajari Rangkaian Regulator Tegangan di bawah ini.

Gambar Skema Rangkaian Regulator Tegangan
Jika tegangan DC disediakan oleh adaptor listrik, maka kapasitor elektrolit ini biasanya sudah merupakan bagian dari adaptor, meskipun nilainya kadang-kadang agak kecil. C2 hanya dapat dihilangkan jika C1 dekat dengan 78xx dan C1 adalah kualitas yang baik (ESR rendah). Tapi tidak ada yang salah dengan bermain aman dan selalu memberi nilai pas pada C2. Aturan umum selalu menempatkan kapasitor 100 nF pada input regulator. Tegasnya, tidak ada kebutuhan untuk sebuah kapasitor pada output. Namun, kapasitor minimal 100 nF (C3) memastikan jauh lebih baik regulasi dengan cepat (beberapa mikrodetik) perubahan arus beban. Dalam prakteknya, kapasitor decoupling bisa ditempatkan dekat dengan pin IC catu daya. Hal ini pada Rangkaian Regulator Tegangan dapat memberikan fungsi yang sama, asalkan mereka ditempatkan tidak terlalu jauh.

One Comment
  1. Wanda