Menu

Rangkaian untuk mendeteksi gas LPG bocor (sensor kebocoran gas)

Dengan banyaknya kejadian gas lpg 3 kg bocor tentu kita merasa was-was dalam menggunakan gas elpiji untuk kepelruan memasak, ingin sekali mengetahui rangkaian untuk mendeteksi gas bocor khususnya dalam penggunaan rumah tangga. Lantas seperti apa skema sensor pendeteksi kebocoran gas LPG tersebut? Mari kita simak bersama ulasan mengenai rangkaian sensor kebocoran gas lpg ini dengan harapan dapat membantu memberikan solusi bagi Anda yang tengah mencari jalan keluar dari permasalahan kebocoran gas tersebut.

Menanggulangi kemungkinan kecelakaan karena gas bocor memang harus kita lakukan, bermacam tindakan antisipasi mungkin pernah dilakukan namun belum tentu hal itu akan tepat guna dan efisien. Solusi lainnya adalah dengan memperhatikan segala kemungkinan yang dapat mengakibatkan kebocoran gas lpg tersebut, dan kita melakukan tindakan pencegahan karena ini lebih baik sehingga tidak menunggu ada kejadian baru kita panik.

Sebagai contoh, kita harus senantiasa memperhatikan penggunaan gas elpiji dalam dapur dan rumah tangga sehingga dapat dipastikan hal itu senantiasa aman dan tetap memperhatikan keselamatan. Apalagi kalau melihat peralatan rumah tangga yang sudah tidak layak pakai, hendaknya segera diganti atau diperbaiki. Misalnya kompor gas, selang dan regulator harus selalu kita perhatikan sehingga memberikan rasa aman ketika kita sedang memasak.

 

Skema sensor pendeteksi kebocoran gas LPG

Menilik lebih jauh pada perangkat dan peralatan yang digunakan, dan resiko dari kecelakaan yang diakibatkan dari kebocoran gas elpiji, maka kita harus menyiapkan perangkat pengaman gas bocor sehingga dapat memberikan semacam alarm ketika terjadi kebocoran pada gas tersebut, dengan demikian kita dapat segera bertindak.

Mari kita simak skema rangkaian untuk mendeteksi kebocoran gas berikut ini:

Kalau melihat dari rangkaian sensor kebocoran gas lpg diatas memang sangat sederhana, hanya terdapat beberapa komponen utama dan didukung oleh komponen tambahan yang mudah kita temukan di toko elektronik. Dan juga, jalur-jalur komponen yang harus dibuat juga tidak terlalu rumit sehingga kita dapat menggambarnya sendiri di PCB kemudian merangkai satu persatu komponen tersebut menjadi kesatuan utuh yang dapat menjadikan rangkaian ini bekerja.

Rangkaian diatas menggunakan komponen utama sensor gas mq-2, transistor, ic 7805 dan sebuah buzzer sebagai alarm atau tanda peringatan kalau terjadi kebocoran gas. Juga memungkinkan untuk membuat tegangan sumber menggunakan baterai karena lebih praktis tidak memerlukan instalasi kabel yang banyak.

Untuk mengaplikasikan rangkaian tersebut maka kita cukup memasangnya pada regulator sehingga sensor gas mq-2 dapat terkontak langsung dengan gas apabila terjadi kebocoran. Dan juga akan memberikan sinyal pada buzzer sehingga berbunyi dan kita cepat dapat melakukan tindakan penanggulangan yang lebih cepat.

Pada akhirnya, silakan melakukan uji coba sendiri yang lebih kreatif sehingga menghasilkan rangkaian yang dapat kita manfaatkan dengan baik. Dan dapat memberikan keuntungan bagi kita sendiri dan bagaimana mengaplikasikannya pada perangkat rumah tangga sehingga dapat digunakan sebagaimana mestinya.