Menu

2 Skema Inverter DC to DC Simetris Menaikkan Tegangan untuk Mobil

Menelusuri lebih jauh mengenai rangkaian inverter dc to dc simetrik rasanya mengingatkan kita betapa pentingnya perangkat ini, yang mana memahami skema inverter dc to dc simetris bukanlah perkara mudah, sehingga kita patut mencari tahu lebih jauh bagaimana ha itu dapat berpengaruh pada perangkat yang kita gunakan selanjutnya.

Meskipun sudah pernah mengetahui rangkaian untuk menaikkan tegangan dc 12 volt menjadi 30 volt yang banyak dijual di pasaran namun akan lebih baik kalau kita mencoba memahami bagaimana cara kerja penambah tegangan dc tersebut, sehingga dapat melanjutkan keinginan untuk menemukan lebih jauh cara membuat inverter dc to dc untuk tape mobil atau amplifier dengan penggunaan yang lebih luas.

Kita tentu dapat melihat kegunaan inverter simetris ini, salah satunya adalah penggunaan sound sistem mobil dimana yang digunakan adalah skema inverter simetris dengan  tegangan positif, negatif, dan ground. Lantas bagaimana membuat sendiri rangkaian tersebut? Pada awalnya memang tidak  mudah, namun dengan keinginan kuat tentu segala kesulitan dapat diatasi dengan seksama sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan nyata.

 

Rangkaian inverter simetris beserta skemanya

Silakan disimak rangkaian dibawah ini yang menjelaskan bagaimana tegangan dc 12 volt dinaikkan menjadi 30 volt dc. Ini memastikan output dari tegangan  tersebut stabil, dan dapat digunakan untuk bermacam keperluan sehingga dapat diterapkan dapat rangkaian yang mengharuskan tegangan tinggi 30 volt dengan tiga phase.

Dalam rangkaian diatas kita dapat melihat komponen utama yang digunakan adalah sebuah IC SG3525 yang memiliki fungsi utama dalam inverter tersebut. Juga penggunaan trafo step up untuk menaikkan tegangan sehingga menghasilkan besaran tegangan sesuai keinginan, sebelum akhirnya dirubah kembali menjadi tegangan dc 30 volt.

Jadi Prinsip kerja inverter dc to dc simetris tersebut adalah mengubah tegangan dc 12 volt menjadi tegangan ac, kemudian menaikkan tegangan ac tersebut dengan sebuah transformator step up, dan mengubah kembali menjadi tegangan dc yang siap digunakan untuk mencatu perangkat elektronika yang sesuai.

 

Model inverter DC lainnya

Model lain dari inverter dc to dc adalah pada power supply mobil yang sangat banyak digunakan, ini menggunakan komponen yang lebih mudah ditemui. Sehingga kita dapat membuat sendiri dengan daftar komponen yang lebih mudah ditemukan, sehingga akan menghasilkan rangkaian yang berguna dan dapat dipakai lebih baik dari sebelumnya.

Silakan simak rincian pada skema tersebut:

Pada gambar diatas kita dapat melihat daftar komponen yang digunakan sehingga bisa membuatnya sendiri, dan apa yang digunakan adalah bagian dari daftar yang seharusnya dibeli, sehingga membawa manfaat dalam kehidupan ini yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

Membuat sendiri rangkaian inverter untuk ampli mobil memang tidak mudah, namun dengan keinginan kuat maka kita dapat merakitnya sendiri sehingga segala hal yang terjadi selanjutnya adalah bagian dari perencanaan untuk mendapatkan kemudahan dalam mendapatkan hal baru dari apa yang di inginkan, dan digunakan dengan semestinya.