Menu

Skema Rangkaian Variable Power Supply (Adjustable Regulator)

Dalam pembahasan kali ini kita akan menyimak skema variable power supply 5a sampai 10a dengan kisaran tegangan beragam. Sehingga akan memudahkan dalam pengaturan tegangan  yang ada, contohnya adalah diagram sirkuit Power Supply variabel 0-30V. Karena Anda dapat mengatur tegangan output dari 0V ke 30V, pada arus 3A, dan perlindungan yang berlebihan.

Juga, Ini adalah regulator efisiensi tinggi menggunakan IC regulator, UA723, dan transistor daya, TIP3055. Jadi, itu adalah DC Power Supply laboratorium kecil dengan biaya murah.

Rangkaian berikut ini sangat cocok bagi Anda yang sedang mencari regulator variabel dengan kisaran tegangan 0-30 volt, saya menyarankan ini karena kemudahan dalam memahami dan membuat sendiri skema yang ada dan mewujudkannya menjadi lay out pcb, juga kemudahan dalam membeli part yang diperlukan, karena komponen yang dipakai sangat mudah ditemui di toko elektronik.

Mengapa perlu membuat rangkaian power supply yang bisa di atur tegangan outputnya?

Alasan untuk membuat sendiri rangkaian power supply variable tentu saja berbeda bagi tiap orang, namun kita memiliki peluang yang sama untuk mewujudkan rangkaian dengan kemudahan dalam pengaturan tegangan output, sehingga mudah dalam membuat dan mencari komponen yang diperlukan.

Juga dalam penggunaan lebih luas, hal itu memudahkan kita untuk memakainya dalam berbagai rangkaian yang ada, dengan beberapa pertimbangan yang memberikan kemudahan lain tentunya. Sehingga kita dapat mewujudkan sebuah skema yang mudah dipahami, mudah dibuat dan memberikan manfaat.

Beberapa alasan lain adalah:

  1. Tegangan output yang dapat diatur
  2. Menghasilkan ampere yang maksimal dan banyak digunakan, yakni 3 A
  3. Daftar komponen yang digunakan mudah didapat
  4. Tidak memakan biaya mahal untuk membuatnya

Pada gambar diatas dapat dilihat bahwa penggunakan part part yang ada adalah sangat mudah diketahui, dan bukan part yang langka sehingga kita dengan mudah membelinya. Demikian juga dengan jalur komponen yang ada, tidak terlalu rumit sehingga bisa mengaturnya sendiri dan dapat membuatnya menjadi sebuah lay out pcb yang mudah dipahami.

Rangkaian lainnya yang juga merupakan variable adaptor adalah pada skema dibawah ini, dengan menggunakan komponen utama 1 buah IC LM317T maka akan menghasilkan tegangan DC yang dapat diatur mulai dari 1.25-10.75 volt.

Ini memudahkan kita saat hendak menggunakan perangkat dengan tegangan yang harus presisi, dan memerlukan tingkat stabilitas tinggi. Karena output dari IC LM317 menghasilkan tegangan  yang cukup stabil. Apalagi didukung dengan adanya capasitor elco dan dioda yang terpasang, maka sudah pasti akan memberikan jaminan bebas noise.

Kita melihat bahwa skema power supply variabel diatas malah lebih sederhana dari yang pertama. Dimana penggunaan komponen tidak terlalu banyak, dan jalur-jalur rangkaian juga mudah disalin pada papan PCB. Ini memastikan kita akan dapat membuatnya dengan cepat, dan meminimalisir kesalahan yang ada sehingga dapat memberikan peluang untuk berhasil. Dengan jaminan murah, mudah, dan efisien.