Menu

Skema Robot Line Follower, Pengertian, dan Ir Sensor Code

Mengenal lebih jauh robot line folllower memang cukup menarik, pasalnya jenis robot sederhana ini mulai digemari para penghobi yang mulai suka dengan rangkaian robot line follower arduino atau yang menggunakan program lain. Tentu saja perlu ketelitian dan minat yang kuat sehingga dapat mengetahui cara membuat robot line follower tanpa ic controller, dan ini seperti terdengar mustahil karena satu rangkaian lengkap memang membutuhkan setidaknya ir sensor code robot line follower untuk dapat berfungsi dengan baik.

Meskipun sudah banyak yang membahas mengenai skema robot line follower ini namun tetap menarik untuk mencari referensi baru terutama pengembangan robot ini menggunakan rangkaian yang lebih mutakhir, memilih setiap komponen sebagai bahan modifikasi yang tentunya akan lebih cocok dengan selera kita. Tergantung bagaimana kreatifitas untuk menuangkan ide dalam sebuah robot sehingga menghasilkan performa baru., tentunya akan dapat menarik minat generasi baru untuk mengembangkan dunia robot lebih seru lagi.

 

Pengertian robot line follower

Apa itu robot line follower? Mendengar nama ini tentu kita dapat membayangkan bahwa robot tersebut adalah sebuah perangkat yang dirancang khusus untuk dapat mengikuti garis, sehingga tidak heran kalau dalam rangkaian robot tersebut ada rancangan supaya membaca garis yang sudah disediakan melalui perangkat sensor, tentu saja komponen yang digunakan tidak sesederhana perkiraan kita karena memerlukan beberapa komponen pendukung lainnya misalnya motor listrik sebagai penggerak.

Robot line follower adalah robot yang dapat membaca garis dengan sensor dan mengikuti garis yang sudah disediakan tersebut

Belakangan ini semakin banyak pengembangan dari robot ini misalnya dengan menggunakan kreatifitas pembuatnya, adanya roda ganda yang digunakan dan penambahan motor listrik ganda sehingga membuat robot ini semakin menarik untuk dibahas.

 

Lebih jauh tentang robot line follower

Line follower termasuk dalam kategori robot mobile yang bergerak secara otomatis tanpa adanya perintah, robot ini dirancang untuk bergerak mengikuti garis secara berkelanjutan dengan adanya sensor yang tertanam pada perangkatnya.

Sistem yang dirancang untuk dapat membaca garis warna hitam dan terus bergerak menyusuri garis tersebut, adalah hal unik yang ada pada robot line follower. Sensor yang berada di ujung depan robot line follower memungkinkan untuk membaca setiap garis warna hitam yang sudah disediakan, sehingga robot akan terus mengikuti garis tersebut.

Adapun bentuk dan sistem penggerak dari robot line follower ini ada bermacam macam mulai yang sederhana sampai yang lebih kompleks. Hal ini dapat berbeda tergantung bagaimana kreatifitas si pembuat robot tersebut sehingga menghasilkan karya yang menarik.

 

Skema robot line follower arduino

Berikut rangkaian skema robot line follower menggunakan chip arduino.

Sedangkan kalau kita bicara mengenai sensor yang digunakan robot ini memang sangat menarik karena ir sensor code memiliki kemampuan untuk membaca dengan baik setiap garis hitam yang ada sehingga memungkinkan robot ini terus berada dalam jalur yang sudah ditentukan, dengan gerakan berkelanjutan dan memberikan kesan lebih sempurna kalau yang membuatnya memiliki kreatifitas yang baik.