Menu

Fungsi Membran Speaker dan Magnet Loudspeaker

Dapat kita ketahui secara umum mengenai pengertian speaker adalah perangkat elektronika yang terdiri dari membran, magnet, dan kumparan yang membuat speaker tersebut berfungsi normal. Perlu diketahui juga untuk mendapatkan kualitas suara yang baik biasanya speaker ditempatkan pada box atau kerangka yang terbuat dari bahan tertentu, sehingga dapat berpengaruh pada kualitas suara yang dihasilkan dari speaker tersebut.

Lebih spesifik lagi disini kita akan mengulas mengenai fungsi membran speaker dan magnet speaker yang merupakan bagian penting dimana tidak dapat dipisahkan dari suatu speaker sehingga dapat berfungsi dengan baik. Tidak sedikit yang melupakan bahwa sebuah perangkat elektronika dapat menghasilkan suara merdu atau suara tertentu karena kualitas dari speaker yang digunakan, selain tentunya dari perangkat lainnya misalnya power amplifier dan tone control.

Fungsi speaker secara umum

Sebelum membahas lebih jauh mengenai komponen dan bagian-bagian loudspeaker maka lebih baik kalau kita mengerti terlebih dahulu pengertian speaker secara umum.

Dapat diketahui bahwa fungsi speaker adalah sebagai perangkat elektronika yang akan mengubah sinyal digital menjadi analog, atau mengubah gelombang listrik menjadi gelombang bunyi yang selanjutnya dapat didengar oleh telinga manusia.

Dari sini kita dapat melihat bahwa manfaat speaker adalah untuk mengubah sinyal digital jadi analog, sehingga hal ini sangat penting pada sebuah perangkat elektronika. Pada umumnya sebuah perangkat akan memiliki pengatur suara atau tone control, sebelum akhirnya dikuatkan pada amplifier dan disalurkan pada loudspeaker dibagian akhir.

Fungsi membran speaker

Salah satu bagian penting pada speaker adalah membran, bagian ini bisa terbuat dari kertas atau plastik, dengan pola tertentu sehingga dapat menghasilkan suara seperti yang diharapkan. Kita dapat melihat lebih jauh mengenai hal ini sehingga akan menarik satu kesimpulan yang sangat pasti dan pada akhirnya dapat dijadikan acuan untuk mencapai tujuan tertentu dari perangkat tersebut.

Membran speaker berfungsi untuk mengubah sinyal listrik yang kuat dan lemahnya berubah-rubah sehingga dapat menghasilkan suara seperti yang di inginkan. Hal ini sedikit rumit sehingga kita dapat memahami lebih jauh hal tersebut dengan seksama saat melihat lebih jauh kedalam komponen speaker itu sendiri.

Pada akhirnya membran hanya dapat bekerja ketika dirangkai bersama spul atau kumparan lilitan kawat tembaga pada speaker tersebut, dan juga ada magnet permanen didalamnya sehingga dapat menghasilkan getaran bunyi.

Sebagai contoh adalah pada woofer, membran ini dibuat lebar dan memiliki pola lingkaran-lingkaran dan kerutan sehingga dapat mengubah frekuensi rendah menjadi suara bass yang dapat dinikmati oleh manusia. Semakin bagus material yang digunakan pada speaker maka akan menghasilkan kualitas suara yang baik.

Fungsi magnet speaker

Bagian penting lain dari sebuah speaker adalah magnet permanen yang biasanya berada pada bagian belakang dari sebuah speaker. Memiliki ukuran beragam, dan bentuk bulat dengan besi inti dan cangkang yang mengapit magnet tersebut.

Magnet pada speaker adalah sebagai penghasil medan magnet yang akan merespon getaran dari medan magnet yang dihasilkan dari kumparan atau spul, yang berada ditengah speaker.

Ketika speaker dialiri listrik dari perangkat amplifier, maka arus listrik yang berubah-rubah tersebut juga akan menghasilkan medan magnet yang tidak sama, naik turun. Hal ini akan menyebabkan spul atau kumparan bergerak maju -mundur seiring perubahan besar kecilnya arus listrik tersebut. Ini akan menyebabkan membran bergerak dan menghasilkan suara yang akhirnya dapat di dengar oleh telinga manusia.

Leave a Reply