Menu

2 Contoh Skema CCTV Sederhana Memakai Wifi

Pemasangan kamera cctv belakangan ini jadi bagian penting dalam melengkapi tata ruang baik di kantor atau di rumah, ini bagian penting dalam upaya memberikan keamanan dari tindak kejahatan, termasuk untuk keperluan pengawasan dan sebagainya.

Skema cctv sederhana untuk rumahan diperlukan apabila Anda hendak memasang sendiri kamera cctv dengan komponen-komponen yang Anda beli sendiri, ini memberikan kemudahan dalam memilih akan seperti apa konfigurasi instalasi cctv yang akan dipasang.

Konsep CCTV Sederhana

Untuk memenuhi keperluan dalam pemasangan kamera pengaman maka kita perlu menentukan seberapa banyak kebutuhan yang akan digunakan, misalnya luas ruangan atau luas rumah, jumlah titik yang akan dipasang kamera dan bagaimana kita hendak melakukan pengawasan pada tiap titik kamera tersebut.

Pada contoh gambar diatas kita tentukan 4 buah kamera cctv untuk dipasang, secara konsep maka diperlukan satu komputer server dan instalasi kabel yang memadai, apakah kamera akan dipasang pada titik yang berjauhan atau hanya dalam jarak beberapa meter.

Masing-masing kamera cctv akan terhubung melalui kabel yang nantinya akan bertemu pada pusat kendali atau komputer server.

Komputer server ini mempunyai fungsi antara lain:

  1. Untuk memonitor masing masing kamera cctv
  2. Untuk mengendalikan atau memilih kamera mana yang hendak diaktifkan
  3. Sebagai pusat pengolahan data visual yang diambil oleh kamera dan kemudian disimpan pada perangkat harddisk pada komputer server tersebut.

Diagram Kamera CCTV Memakai Wifi

Baru-baru ini teknologi pemasangan cctv konvensional mulai bergeser pada teknologi cctv dengan wifi. Hal ini lebih praktis dan fleksibel dalam pengawasan yang dapat dilakukan secara mobile sehingga ketika kita sedang sibuk maka tetap dapat mengakses cctv melalui perangkat HP.

Ini memungkinkan server remote kita gunakan melalui perangkat HP, jadi tidak harus membuka komputer namun kita dapat mengakses cctv melalui perangkat ponsel sehingga dapat membukanya melalui jarak jauh dengan sinyal wifi.

Dalam penggunaan yang lebih kompleks maka kita memerlukan instalasi yang banyak sehingga memungkinkan untuk memasang beberapa titik kamera cctv sekaligus, sehingga memudahkan dalam mengatur masing-masing kamera hanya dalam satu server.

Namun ini membutuhkan perangkat yang lebih banyak serta biaya instalasi yang lebih tinggi pula.