Menu

2 Skema Indikator Baterai Untuk Mengetahui Level Pengisian 12 volt

Mengetahui seberapa banyak level baterai yang digunakan dengan cara manual memang menyusahkan, akan lebih mudah kalau kita mempunyai rangkaian indikator level baterai untuk mengetahui apakah kapasitas baterai atau aki yang dipakai masih lama atau perlu dilakukan pengisian ulang.

Dalam ulasan kali ini akan kita berikan beberapa skema indikator pengisian aki 12 volt atau indikator baterai sederhana menggunakan transistor, juga akan disuguhkan rangkaian pengukur kapasitas baterai menggunakan modul indikator baterai yang lebih modern dan praktis, yakni dengan aplikasi komponen IC didalamnya sebagai komponen utama.

 

Skema Indikator Baterai Dengan IC

Untuk tahu lebih banyak mengenai rangkaian pengukur indikator baterai yang dapat lagsung dipasang, maka kita dapat membelinya kit yang sudah jadi di pasaran, juga dapat membuatnya sendiri berdasarkan skema yang ada.

Berikut adalah salah satu contoh skema indikator baterai 12 volt  yang dapat Anda buat sendiri:

Pada gambar diatas dapat kita lihat skema yang lebih kompleks menggunakan IC sebagai komponen inti dan LED sebagai status level indikator baterai yang akan menyala sesuai level tegangan baterai yang tersisa. Anda dapat menggunakan warna LED yang berbeda untuk mempertegas status baterai baik itu dalam kondisi low, medium, atau full.

 

Rangkaian Baterai Level Indikator Sederhana

Selain menggunakan komponen IC, terdapat pula rangkaian baterai level indikator yang lebih sederhana yakni dengan menggunakan dioda zener, yang dapat Anda lihat seperti pada gambar diatas.

Dalam gambar tersebut hanya terdapat beberapa komponen yang dihubungkan dengan LED yang nantinya akan menunjukkan nyala sesuai level baterai yang terpasang.

Masing-masing dioda zener yang digunakan mempunyai ukuran atau nilai berbeda tergantung status tegangan  yang akan ditunjukkan.

 

Kesimpulan

Kalau memang Anda memerlukan kit baterai indikator yang hendak digunakan untuk mengetahui level baterai pada suatu perangkat, maka dapat memilih untuk membeli modul yang sudah jadi dengan  harga relatif terjangkau.

Sehingga memberikan efisiensi yang lebih baik serta tidak memerlukan kahlian khusus dalam merakitnya.

Namun kalau Anda adalah pecinta elektronika yang hendak membuat sendiri rangkaian indikator baterai ini maka terdapat banyak pilihan rangkaian di luar sana yang dapat Anda temukan. Silakan pilih yang sesuai keinginan dan biaya yang hendak dikeluarkan, sehingga nantinya akan memberikan kepuasan tersendiri bagi Anda.