Menu

Skema Penunjuk Arah (Modul Rangkaian Kompas Digital)

Rangkaian penjunjuk arah digital semakin digemari mengingat sekarang ini semuanya serba maju dengan teknologi terbaru, salah satunya adalah bagaimana mengaplikasikan skema kompas digital menjadi perangkat yang dapat digunakan dalam kegunaan sehari-hari.

Skema penunjuk arah digital adalah sebuah blok modul kompas yang nantinya  bakal dikoneksikan dengan rangkaian khusus sehingga memungkinkan blok ini bekerja layaknya kompas manual.., dapat memberikan informasi mengenai arah utara selatan yang berguna untuk navigasi.

 

Pilihan modul kompas digital yang tersedia

Baru-baru ini terdapat banyak kriteria yang ditentukan untuk memungkinkan sebuah rangkaian elektronika dapat diaplikasikan sebagai kompas digital, salah satunya adalah dengan penambahan fungsi yang berbeda dari rangkaian konvensional, dengan mempertimbangkan kemudahan koneksi dengan perangkat pintar semacam telefon selular dengan kecocokan untuk mobilitas tinggi seperti sekarang ini.

Ada beberapa pilihan dalam menentukan pembuatan penunjuk arah yang idel

  1. Membeli kit atau modul kompas yang sudah jadi
  2. Membuat sendiri skema awal kompas tersebut dengan merakitnya satu persatu
  3. Membeli built-in dengan  perangkat lain yang sudah disediakan

 

Contoh skema penunjuk arah digital

Ada banyak pilihan rangkaian penunjuk arah yang tersedia di pasaran, kali ini kita akan ambil garis besar mengenai kit yang banyak digunakan yakni menggunakan komponen utama IC digital yang nantinya akan jadi ‘jantung’ untuk modul kompas digital tersebut, dan mengatur kinerja yang sesuai serta perlu dihubungkan ke rangkaian selanjutnya.

Berikut skema penunjuk arah dengan modul yang praktis dan mudah dipahami:

Dari apa yang dibahas diatas kita dapat menyimpulkan bahwa sebuah modul kompas digital adalah rangkaian yang nantinya perlu disambungkan ke perangkat induk dan bukan merupakan rangkaian utuh layaknya kompas manual yang sudah dikenal semenjak dahulu.

Kit ini sekarang banyak diperjual belikan di pasaran, tentu kita mempunyai pilihan apakah akan merakit sendiri dengan biaya lebih murah atau membeli modul yang sudah jadi dengan mengejar efisiensi dan kemudahan dalam menyingkat waktu daripada membuatnya sendiri.