Menu

4 Penyebab Nasi Hangus Pada Rice Cooker (Bau Gosong)

Permasalahan pada perangkat elektronika yang kita alami sehari-hari dapat memberikan pengalaman tersendiri saat memperbaikinya, misalnya mencari Penyebab nasi hangus pada rice cooker saat digunakan menanak nasi, karena ini adalah kejadian yang kerap membuat kita bingung dimana letak permasalahannya, apalagi bagi yang masih awam soal kerusakan pada barang elektronika, tentu akan bingung dibuatnya.

Mencari penyebab magic com bau gosong saat memasak nasi amatlah penting apalagi kalau rice cooker tersebut belum lama kita beli, dan sudah mengalami gejala kerusakan yang tentunya amat meresahkan.

Bukan tidak mungkin, dari apa yang dipelajari akan melahirkan solusi baru yang tepat digunakan untuk menentukan bagaimana penanganan paling tepat pada perangkat elektronika saat terjadi sesuatu yang tidak dikehendaki, misalnya permasalahan bau menyengat seperti nasi hangus saat memasak pakai mejik com.

Cara Memperbaiki Rice Cooker Nasi Gosong

Hal paling sering yang kerap ditemui saat memasak nasi dengan rice cooker kemudian terjadi kegosongan pada nasi adalah dengan membongkar bagian dari rice cooker tersebut, kemudian mencari satu demi satu komponen yang rusak sehingga dapat memastikan bagian mana yang perlu diperbaiki.

Gambar diatas menunjukkan contoh bagian dalam dari rice cooker yang sudah dibuka, untuk memastikan bagian mana yang rusak.

Biasanya penyebab nasi gosong saat dimasak menggunakan rice cooker adalah karena kegagalan sistem otomatis pada rice cooker tersebut, yang artinya rice cooker akan tetap memasak nasi meskipun nasi telah matang. Dengan kata lain sistem saklar otomatisnya telah rusak, sehingga nasi akan terus dalam posisi dimasak, bukan dihangatkan.

Sudah tentu ini menyebabkan nasi hangus bahkan dapat merusak bagian lain dari rice cooker tersebut kalau dibiarkan terus menerus.

Untuk memperbaikinya cukup mudah kalau kita sudah tahu masalahnya ada pada sakla rotomatisnya, yakni dengan mengganti komponen tersebut dengan yang baru. Yaitu sebuah thermal sensor yang biasanya terletak terpisah sehingga kita cukup mudah mengenalinya.

Penyebab Nasi Hangus Saat Memasak Pakai Magic com

Nasi hangus saat dimasak pakai rice cooker atau magic com, sangat merepotkan karena kita akan menemukan nasi dalam kondisi gosong dan bau menyengat.

Ini tentu amat mengganggu, sehingga memperbaiki perangkat tersebut amat penting sebelum memutuskan untuk membelinya yang baru.

Sebabnya sering terjadi adalah seperti berikut:

  1. Disebabkan karena air yang terlalu sedikit, kurang menambahkan air saat memasak
  2. Disebabkan sistem otomatis telah rusak, sehingga nasi terus menerus dimasak, bukan dihangatkan saat matang
  3. Konslet pada sistem kelistrikan
  4. Bagian rice cooker yang jarang dibersihkan sehingga kotoran menumpuk

Demikian beberapa hal yang menyebabkan rice cooker rusak atau dengan kata lain menyebabkan nasi tidak matang sempurna, gosong atau bahkan hangus saat dimasak.

Kita dapat memperbaikinya sebelum memutuskan untuk membeli perangkat yang baru, ini tentu akan membantu mengurangi pengeluaran sehingga lebih efisien dan berguna.