Menu

4 Penyebab TV Cepat Rusak, Service Televisi LG Ultra Slim Mati Total

Lama tidak mengerjakan kerusakan TV, tadi pagi saya mendapat satu televisi rusak yaitu merk LG Ultra Slim 21 inch, dengan kerusakan tv lg start langsung mati total tidak ada tampilan gambar pada layar, dan lampu indikator LED mati. Padahal TV tersebut belum cukup lama dibeli, kalau dilihat garansi-nya sepertinya masih dapat diklaim. Namun karena yang punya TV bersikukuh untuk diserviskan, akhirnya saya kerjakan juga.

TV yang datang masih nampak baru sehingga tidak ada yang menyangka adanya kerusakan fatal pada televisi yang nampak masih mulus tersebut, bahkan untuk membuka back cover saja masih sangat sulit layaknya tv baru. Namun kenyataannya tv rusak sehingga harus diperbaiki dengan cara dibongkar habis setiap bagiannya.

 

Penyebab TV Cepat Rusak Mati

Sebelum mati, TV tersebut menurut pemiliknya selalu dimatikan hanya dari remote control, jadi masih dalam posisi stand by dan power supply masih bekerja. Dugaan saya karena hal inilah yang menyebabkan TV tersebut rusak. Kadang karena tidak mau repot kita hanya mematikan TV dari remote saja tanpa menekan saklar powernya, padahal untuk pemakaian jangka panjang hal ini tidak baik bagi TV kita.

Kalau dilihat secara seksama dari kejadian ini maka tv gampang rusak disebabkan:

  1. Hanya dimatikan lewat remote control saja, sehingga tegangan power supply masih ada.
  2. TV dinyalakan dalam jangka panjang sehingga suhu ruangan meningkat.
  3. TV terkena kotoran atau cairan yang menyebabkan aus bagian komponen.
  4. Listrik PLN yang tegangan naik turun menyebabkan cepatnya rusak  terutama bagian power supply.

 

Bagian Yang Mengalami Kerusakan

Bagian pertama yang saya cek adalah pada power supply, ternyata tegangan DC 250 volt masih tersimpan pada elco power. Ketika diukur, tegangan 12 volt, B+, semua ada.

Yang bermasalah ternyata adalah pada tegangan DC 5 volt yang menuju IC program. Wajar saja kalau TV tidak mau menyala, karena IC program tidak mendapat pasokan tegangan. Setelah saya ukur, keluaran IC 7805 masih bagus, dan ada 2 transistor kecil yang rusak. Setelah bagian ini saya ganti, TV LG flat tersebut sudah kembali normal dan menyala seperti biasa.

Jadi dapat disimpulkan penyebab kerusakan tv lg ini adalah 2 transistor mati, letak transistor ini adalah disekitar ic program yang mengendalikan kerja dari IC tersebut, sehingga wajar kalau tv nampak rusak stand by dengan lampu masih menyala lalu mati total dengan kondisi sama sekali tidak dapat dihidupkan.

Demikianlah pengalaman memperbaiki tv yang masih tergolong baru dengan kerusakan lumayan rumit untuk di deteksi, sehingga memungkinkan kita menggali lebih dalam pengalaman dari hal ini yang nantinya dapat berguna untuk acuan pada kerusakan-kerusakan dimasa mendatang. Sampai jumpa pada artikel mendatang dengan bahasan yang tidak kalah menarik lagi.