Menu

6 Penyebab Kenapa Bunyi Speaker Laptop Pecah Sember dan Kresek-Kresek

Kenapa speaker laptop Bunyi pecah


Suara speaker laptop sember, pecah, dan masalah suara lainnya dapat disebabkan karena berbagai alasan berbeda. Ini bisa berupa driver yang buruk, kerusakan pada perangkat lunak yang perlu di update, pengaturan audio yang salah, dan yang paling fatal adalah kerusakan pada hardware entah itu bagian penguat suara atau pada speaker itu sendiri. Ini adalah masalah yang sangat umum dengan laptop yang sebagian besar dijumpai seiring umur pemakaian yang sudah lama.

Kita dapat melakukan perbaikan yang sangat sederhana untuk masalah ini. Sebelum membahas lebih jauh, mengenai kerusakan ini ditujukan untuk kerusakan pada perangkat keras atau hardware laptop Anda, jadi pastikan tidak ada gangguan pada driver, dan perangkat lunak lainnya karena kita akan fokus membahas kerusakan hardware saja.

Speaker laptop dapat rusak karena:

  1. Umur pemakaian.
  2. Terjadi keteledoran misalnya ketumpahan cairan, minyak, atau air, biasanya menyebabkan speaker bunyi pecah.
  3. Kerusakan pada perangkat penguat audio yang menyatu dengan blok motherboard laptop.
  4. Kerusakan pada speaker itu sendiri.
  5. Kotor, atau terkena debu.
  6. Terjadi kerusakan pada sotfware.

Mengatasinya


Untuk menyelesaikan masalah kerusakan speaker laptop  yang bersuara kemresek dan pecah, maka kita harus tahu dimana sumber masalah terlebih dahulu.

Pastikan mengecek bagian mana yang mengalami kerusakan, lalu dapat dilakukan tindakan perbaikan pada area tersebut sehingga suara yang dihasilkan speaker dapat normal kembali.

Kadangkala pengecekan ini membutuhkan waktu yang lama, dan memungkinkan Anda untuk meneliti satu persatu bagian yang rusak sebelum akhirnya menemukan bagian mana yang harus diperbaiki.

Pastikan melakukan penyelesaian masalah sesuai jenis kerusakan yang ada, jangan sampai salah dalam menangani kerusakan sehingga menyebabkan laptop Anda semakin parah sehingga tidak dapat digunakan atau malah merusak bagian lain dari komponen laptop Anda.

Cara Memperbaiki


Kita akan melakukan perbaikan kerusakan speaker laptop sesuai jenis kerusakan yang ada, sehingga dapat memberikan hasil yang maksimal dan Anda dapat menerapkan jenis perbaikan yang akan lebih simpel dan mudah dilakukan, hemat biaya dan dapat ditangani sendiri.

Berikut contoh perbaikan masalah speaker laptop yang dapat Anda lakukan:

  1. Speaker laptop bunyi lirih atau suara pelan, pastikan konektor ke speaker terpasang dengan baik, coba bolak balik antara speaker kiri-kanan, kalau salah satu bunyi pelan maka itu mengalami kerusakan. Biasanya coil speaker sudah lemah. Anda dapat mengganti dua dua nya sekalian agar suara kiri-kanan tetap seimbang.
  2. Suara speaker laptop sember dan kresek-kresek, ini sering disebabkan kotoran dan debu. Dapat dijumpai pada laptop yang sudah berumur, silakan bongkar hati-hati dan bersihkan menggunakan kuas atau angin kompresor.
  3. Speaker laptop mati total, cek menggunakan multimeter, kalau speaker mati maka ganti baru. Kalau masih nyambung maka bagian blok amplifier pada mainboard yang rusak, ini dapat diperbaiki oleh yang sudah ahli dalam bidang kerusakan laptop dan mengerti komponen elektronika dengan baik.