Menu

5 Penyebab Speaker Laptop Suara Tidak Seimbang, Kecil Sebelah, Pecah

Kebutuhan akan musik memang bisa kapan saja, apalagi mendengarkan musik ringan sambil kerja. Ini bisa jadi kebiasaan sebagian orang agar pekerjaan yang menumpuk dapat diselesaikan dengan tetap rileks, tidak suntuk, dan memberikan semangat tersendiri.

Sayangnya, kadangkala kita merasa terganggu apabila mendengarkan musik melalui speaker aktif atau perangkat audio yang mempunyai daya besar.

Solusinya adalah mendengarkan musik lewat hp atau laptop di meja kerja sendiri, sehingga tidak berisik dan mengganggu orang lain.

Apalagi jika Anda tipe orang yang suka musikan disela-sela pekerjaan dengan suara musik yang lirih, maka mendengarkan musik lewat PC atau laptop bisa sangat menghibur dan meringankan pekerjaan.

Namun bagaimana jika suara speaker laptop kita bermasalah? Misalnya suara sember, pecah, atau malah kecil sebelah?

Tentu ini akan mengganggu, maka dari itu dalam tulisan ini akan kita kupas bagaimana mengatasi masalah tersebut, serta penyebab yang sering menimbulkan gangguan suara laptop jadi tidak seimbang atau kecil sebelah.

Konfigurasi Umum Speaker Laptop

Untuk laptop model terbaru dan perangkat netbook sekarang ini kebanyakan menggunakan speaker yang kecil hingga sedang, dengan kemampuan audio yang sudah sangat mencukupi untuk musikan ringan sambil bekerja.

Konfigurasinya tentu saja sudah menggunakan sistem perangkat audio stereo, dengan penguatan masing-masing channel kiri dan kanan terpisah, sehingga kita dapat mendengarkan musik dengan detail yang mantap meskipun suara yang dihasilkan terbatas dayanya.

Bahkan untuk beberapa merk laptop ada yang menggunakan kemampuan audio sebagai kelebihan tersendiri untuk memikat penggunannya. Biasanya konfigurasi pada speaker laptop meliputi:

  • Beberapa merk menggunakan perangkat keras khusus pada segmen audio, misalnya IC audio yang mumpuni untuk menghasilkan kualitas suara terbaik
  • Kemampuan menghasilkan suara yang jernih dan hifi dengan soundcard khusus yang menonjolkan sisi audio terbaik
  • Dukungan hardware berkualitas untuk kenikmatan audio yang lebih baik

Kemampuan Speaker Laptop

Speaker laptop mampu menghasilkan suara yang jernih dan baik, meskipun daya yang dikeluarkan tidak sebesar speaker lain.

Umumnya speaker laptop dapat menghasilkan daya 1-3 watt sehingga sangat mencukupi untuk kebutuhan bermusik ringan dan disambil kerja.

Kemampuan suara yang dapat dihasilkan oleh speaker laptop sangat ideal untuk kegunaan pribadi yang suaranya dapat mencakup satu ruangan kerja.

Penyebab Speaker Laptop Suara Tidak Imbang

Seiring umur pemakaian, seringkali kita temukan permasalahan pada laptop. Termasuk dari sektor suara yang mengakibatkan suara speaker jadi tidak seimbang antara kiri dan kanan, suara speaker pecah, bahkan suara speaker laptop mati sebelah.

Memperbaiki sendiri speaker kresek-kresek baca disini: Solusi Speaker Bunyi Kresek

Beberapa hal yang menyebabkan speaker laptop suara jadi tidak seimbang kiri-kanan:

  • Speaker laptop kotor dan berdebu, ini karena umur pemakaian dan debu yang menumpuk menyumbat membran speaker maupun rongga speaker. Akibatkan suara yang dihasilkan kurang maksimal dan terdengar kecil
  • Membran speaker penyok, meskipun jarang terjadi, kerusakan membran ini dapat berakibat speaker suaranya kurang maksimal
  • Adanya gram besi dan kotoran pada bagian dalam magnet speaker, akibatnya pergerakan coil speaker dan membran jadi terganggu
  • Perangkat keras audio dalam hal ini sektor amplifier pada laptop bermasalah
  • Kerusakan software pada windows

Beberapa kerusakan diatas dapat menyebabkan suara speaker jadi kecil sebelah, sember, pecah dan bahkan mati sehingga sangat mengganggu proses bermusik kita.