Menu

Cara Cek Kapasitor SMD Short (Mengukur Kapasitor di PCB

Menjadi tantangan tersendiri untuk kita mengetahui kerusakan elco atau kapasitor apalagi tanpa melepasnya dari papan sirkuit board. Cara cek kapasitor SMD short tanpa melepasnya memang tidak mudah apalagi kalau kita hanya mengandalkan multimeter, maka itu akan jadi hal yang penuh tantangan untuk dilakukan.

Cara mengetahui apakah kapasitor tersebut masih bagus atau sudah rusak adalah dengan melakukan pengukuran dengan memperhatikan beberapa karakter khusus dari komponen tersebut, misalnya pada elco atau kapasitor sehingga kita dapat menarik kesimpulan apakah komponen tersebut masih bagus atau sudah rusak.

Cara Mengukur Kapasitor di PCB Dengan Multimeter

Untuk mengetahui apakah suatu kapasitor masih bagus atau perlu diganti, maka kita dapat melakukan pengukuran secara langsung di pcb tanpa harus melepasnya.

Namun ini mempunyai keakuratan yang rendah, sehingga perlu memahami dengan baik dan tidak dijadikan patokan dalam menentukan apakah komponen tersebut benar rusak atau masih normal.

Caranya adalah:

  1. Posisikan multimeter di posisi x1 atau x10 ohm, lebih baik menggunakan multimeter analog
  2. Mengukur masing-masing kaki kapasitor, normalnya jarum akan bergerak ke kanan/ohm rendah dan akhirnya ke kanan/hampir mendekati ohm tinggi.
  3. Jika jarum multimeter bergerak kenan dan terhenti, maka dapat disimpulkan kapasitor tersebut short.
  4. Untuk memastikan, silahkan open jalur yang sama pada salah satu kaki kapasitor, lalu ukur ulang.
  5. Apakah normal atau memang short

Mengecek Kapasitor SMD Dengan ESR Meter

Ini lebih mudah dilakukan dan hasilnya mendekati akurat, yang kita butuhkan adalah ESR meter untuk melakukan pengukuran pada kapasitor SMD.

Untuk mengetahui apakah kapasitor tersebut rusak atau masih bagus, maka kita dapat mengukur nilai ohm menggunakan ESR meter.

Nilai 0,04-0,2 ohm menandakan kalau kapasitor SMD tersebut masih bagus, sedangkan nilai 0,62 ohm atau lebih menandakan kapasitor tersebut rusak.

Mengenali Kapasitor SMD Rusak dari Fisiknya

Ini yang tergolong mudah, kita dapat mengenali apakah sebuah kapasitor masih bagus atau rusak adalah dengan melihat ciri fisiknya.

Jika sebuah kapasitor smd nampak gosong atau hangus, itu tandanya short atau rusak.

Kapasitor smd yang retak atau pecah pada salah satu pin/kakinya juga menandakan kalau komponen tersebut mati.