Menu

Penting! Pengaman Speaker Agar Tidak Jebol

Mempunyai perangkat audio yang mumpuni memberikan kepuasan tersendiri pada diri kita sehingga mampu membawa diri pada tujuan akhir dari sebuah hobi di dunia audio, termasuk memasang Pengaman speaker agar tidak jebol karena ini penting demi keawetan woofer atau speaker yang kita miliki.

Adalah sebuah keharusan melakukan perawatan berkala termasuk pada perangkat amplifier dan sistem audio yang kita miliki, salah satunya memastikan semua perangkat bekerja normal dan dalam kondisi terawat.

Salah satu rangkaian yang direkomendasikan adalah skema Pengaman speaker agar tidak cepat rusak jika terjadi lonjakan arus output dari ampli atau jika terjadi kerusakan pada sistem.

Terdapat banyak jenis pengaman speaker diluar sana, namun kita akan memberikan salah satu contoh yang dapat digunakan dan dibuat sendiri menggunakan keahlian kita sehingga bisa menghasilkan suara yang jernih dan kuat.

Skema Pengaman Speaker Supaya Tidak Jebol

Sebuah rangkaian peindung speaker atau speaker protektor akan sangat penting karena memberikan pengamanan dari kemungkinan buruk kerusakan speaker, ini dapat kita beli jadi secara online maupun di toko elektronika.

Namun pilihan lain yang lebih menantang adalah membuat rangkaian tersendiri sendiri, karena kita dapat melakukan modifikasi dan mengubah sesuai keperluan dan keinginan.

Sudah pernah dibahas disini mengenai rangkaian ini, silakan baca tulisan menarik disini:

Skema Protektor Speaker Agar Tidak Rusak

Pada link diatas kita sudah membahas mengenai skema rangkaian yang penting untuk pengaman speaker apalagi jika kita menggunakan ampli berdaya besar, maka wajib memasang rangkaian ini supaya speaker tidak cepat rusak. Silakan dicermati bagian cara pembuatannya yang memungkinkan kita memasang sendiri rangkaian tersebut.

Macam-Macam Rangkaian Pengaman Speaker

Terdapat beberapa jenis rangkaian pengaman speaker yang dapat dipilih, namun pada dasarnya tujuannya adalah sama untuk memastikan perangkat terlindungi dari kerusakan yang disebabkan oleh konslet atau lonjakan tegangan dan arus pada rangkaian.

Adapun jenis atau macam rangkaian yang biasa digunakan adalah:

  • Pengaman speaker pasif, menggunakan kapasitor dan induktor, biasa ditemukan dan dipasang langsung menempel pada speaker
  • Pengaman aktif, memungkinkan penggunakan komponen yang lebih banyak, lebih efektif karena memberikan perlindungan yang lebih tinggi
  • Pengaman speaker sederhana, menggunakan komponen dan desain sederhana namun tetap mempunyai fungsi yang baik
  • Pengaman speaker mini, digunakan untuk keperluan yang lebih kecil dan lingkup lebih sempit