Menu

Cara Mengatasi Laptop Overheat dan Mati, Dell Inspiron 14z 5423 Sangat Panas (100% Berhasil)

Ini adalah pengalaman saya memperbaiki laptop dell inspiron overheat yang mana kerusakan ini sangat mengganggu, saat laptop digunakan 5 menit sudah panas sekali seperti sangat mengganggu, maka saya berinisiatif mencari solusi laptop overheat dan mati ini. Tipe laptop atau notebook saya adalah dell inspiron 14z 5423, yang mana laptop ini sudah saya gunakan bertahun-tahun.

Awal Gejala Laptop OverHeating

Pada saat saya beli laptop dell inspiron baik-baik saja, sudah pemakaian kurang lebih setahun dan tidak ada masalah. Namun memasuki tahun ke-3 kalau tidak salah, mulai timbul gejala overheat.

Laptop bagian keyboard sebelah kiri atas nampak hangat, dan kipas pendingin prosesor menyala terus. Lama kelamaan kondisinya makin parah, sampai bagian keyboard atas sangat panas jika tersentuh.

Waktu itu hanya saya belikan kipas pendingin eksternal yang dipasang dibawah laptop sekalian dudukan, dan memang membantu.

Panas berkurang drastis, apalagi saat digunakan siang hari yang biasanya sangat panas ternyata berhasil hanya hangat.

Masalah muncul saat saya mencabut laptop dan membawa pergi atau pindah tempat, otomatis tidak ada kipas eksternal dan ini sangat mengganggu, laptop lama-lama akan mati karena kepanasan.

Penyebab Laptop Dell Inspiron OverHeat dan Mati

Puncak kerusakan laptop dell saya adalah saat kondisi panas saat digunakan lalu mati setelah beberapa menit, ini jelas tidak dapat diterima. Pekerjaan jadi terganggu, apalagi saat mengetik dan tiba-tiba mati sendiri.

Semua dokumen belum tersimpan dan kondisi ini akhirnya membuat saya bertekad untuk memperbaiki sendiri laptop overheat tentunya berbekal pengalaman yang minim.

Kemudian saya membongkar satu persatu bagian laptop dell sampai semua bagian terpisah-pisah, sayangnya proses perbaikan laptop ini tidak saya foto, jadi kurang dokumentasi karena tidak ada rencana akan saya publish disini hahaha.

Setelah dibongkar, ditemukan masalah yang jadi sebab laptop panas, seperti berikut:

  1. Pasta atau grease prosesor kering, mengeras.
  2. Vent kipas bagian angin keluar tertutup debu dan kotoran, sehingga angin terblokir tidak dapat keluar.
  3. Kipas atau fan prosesor rusak dan soak, masih berputar namun tidak normal dan sangat pelan putarannya.

Dari ketiga sebab kerusakan diatas sudah dapat disimpulkan tindakan apa yang harus diambil untuk menyembuhkan laptop overheat, lanjut poin dibawah.

Mendinginkan Laptop Overheat tipe Dell Inspiron 14z

Sebenarnya proses memperbaiki laptop terlalu panas dan mati ini sederhana, dan dapat dilakukan tanpa teknik khusus karena hanya main ganti komponen dan pembersihan saja.

Bagi yang ingin tahu cara mengatasi laptop overheat saat main game atau proses yang rumit, maka dapat menyimak cara perbaikan ini karena dapat dicoba sendiri dirumah.

Alat dan bahan yang diperlukan:

  • Obeng + ukuran kecil untuk membuka semua screw.
  • Sikat kecil, bisa pakai sikat gigi bekas untuk membersihkan bagian dalam laptop.
  • Grease atau pasta prosesor, dapat dibeli di toko online harga 9rb.
  • Kipas atau fan prosesor, dibeli online harga 50rb an, pilih saja yang kualitas oem/kw.
  • Cairan alkohol.
  1. Prosesnya, setelah semua bagian laptop dibuka dan terpisah-pisah, ambil mainboard dan bersihkan hati-hati menggunakan sikat.
  2. Termasuk pada vent kipas yang mungkin tertutup debu, karena ini sangat berpengaruh menyebabkan laptop overheating.
  3. Juga, cek apakah pasta pada prosesorr kering. Jika kering, silakan bersihkan menggunakan cairan alkohol dengan hati-hati, lalu ganti dengan pasta baru secukupnya.
  4. Periksa kipas atau fan, karena kadang nampak masih menyala dan berputar padahal sudah tidak normal. Tidak bekerja otomatis dan kurang power. Kalau memang rusak, silakan ganti baru.
  5. Bersihkan semua bagian dalam laptop, pastikan sirkulasi udara tidak terblokir.
  6. Pasang kembali dengan hati-hati.
  7. Pada akhirnya laptop akan normal dan panas kembali normal, setidaknya akan berkurang hingga 50%.
  8. Setelah semua proses selesai dan dicoba, maka laptop saya kembali bekerja dan baterai jadi lebih awet karena sudah tidak overheat. Kipas prosesor pun otomatis bekerja hanya ketika panas, lalu mati saat dingin. Untuk antisipasi, masih saya pakai docking kipas eksternal untuk membantu mendinginkan laptop.