Menu

11 Poin Modif Amplifier dan Speaker Supaya Bass Tidak Cempreng

Pernah mengalami rangkaian amplifier tiba tiba suaranya pecah dan cempreng tidak keluar bass yang empuk? Ini adalah hal yang mengecewakan bagi pecinta audio khususnya kalau Anda sudah bersusah payah merakit ampli sendiri namun nada bass tidak maksimal, lantas bagaimana cara agar bass lebih nendang pada ampli atau speaker?

Menarik membahas hal ini karena sesuatu yang berkaitan dengan hobi apalagi itu barang audio akan sangat subyektif dalam menentukan mana yang enak dan mana yang masih dirasa kurang. Namun kalau itu belum masuk pada selera kita, maka tidak ada salahnya melakukan modifikasi supaya hasil yang dicapai lebih memuaskan.

Pada kasus bass kurang nendang pada woofer atau speaker aktif, tentu ada perubahan yang harus dilakukan supaya hasilnya lebih maksimal. Anda dapat mencoba berbagai cara sehingga menemukan suara yang paling mendekati ideal untuk Anda.

Mengatur Besarnya Bass yang Umum dilakukan

Secara umum pada perangkat tone control dan ampli tentu sudah dilengkapi dengan pengatur nada bass sehingga tidak perlu pusing dalam memikirkan modif yang harus dilakukan.

Misalnya dengan melakukan beberapa hal berikut:

  • Adjustment pada equalizer entah itu graphic atau parametric
  • Mengatur knob potensi pada tone control
  • Mengatur posisi speaker untuk mencari keseimbangan suara yang sesuai termasuk bass
  • Mengatur besar kecilnya output bass melalui tombol subwoofer

Beberapa hal diatas sangat umum dilakukan dalam perangkat audio bahwa dilakukan oleh orang yang agak awam pun bisa.

Karena ada petunjuk di masing-masing perangkat yang ada, bahkan ada beberapa gambaran frekuensi ideal yang perlu dicapai melalui settingan tersebut.

Namun kalau Anda benar-benar ingin merombak perangkat dan melakukan modifikasi maka tentu tidak akan puas dengan cara tersebut. Maka kita patut melihat pada tahapan berikutnya.

Modif Ampli agar Bass Lebih Kuat

Pada tahapan ini maka kita fokus pada perangkat amplifier yang terdiri dari beberapa bagian, yakni equalizer atau tone control, dan power amplifier.

Untuk melakukan modifikasi maka dapat dilakukan dengan merubah beberapa komponen pada perangkat tersebut.

  1. Pada bagian tone control, Anda dapat merubah nilai kapasitor mylar dan resistor pada jalur bass, yang hasilnya akan berdampak pada jangkauan nada bass yang lebih dalam atau malah mengurangi rentang pengaturan bass itu sendiri.
  2. Pada bagian power amplifier, Anda dapat memaksimalkan supply tegangan yang lebih jernih dan mempunyai ampere besar. Ini berdampak pada output yang bersih dan bass yang berbobot, antep, dan powernya lebih kuat.
  3. Perubahan dan modifikasi tersebut secara rinci dapat Anda baca pada tulisan kami terdahulu: Cara agar ampli bass nendang

Modifikasi Speaker Agar Bass Tidak Cempreng

Pada bagian speaker itu sendiri kita dapat melakukan beberapa ubahan supaya mendapatkan nada bass yang lebih empuk dan tidak cempreng.

Anda dapat melakukan beberapa perubahan misalnya:

  • Menambahkan busa atau spoon pada bagian dalam box speaker
  • Mengatur atau mengubah bentuk box speaker sesuai keinginan sehingga menghasilkan nada bass yang lebih empuk
  • Mengganti kabel audio yang menuju ke speaker dengan kualitas yang lebih baik, umumnya kabel berbahan tembaga murni akan menghasilkan bass yang lebih baik.
  • Mengganti jack audio dengan yang lebih baik, misalnya dengan jack dengan lapisan emas. Ini khusus untuk perangkat yang menggunakan jack sebagai penyambung ke speaker.

Penting untuk dibaca: Cara menghilangkan noise pada amplifier