Menu

3 Cara Supaya Suara Treble Tidak Pecah

Suara amplifier yang bagus akan memberikan rasa puas tersendiri bagi kita, terutama saat kita berhasil merakit sendiri amplifier dengan watt besar dan memberikan suara yang merdu. Meskipun memakai perangkat sederhana namun kalau tiap perangkat kita sediakan sendiri tentu akan memberikan kepuasan batin yang tidak ternilai.

Lalu bagaimana kalau ampli rakitan yang kita miliki mengalami kerusakan? Misalnya timbul masalah pada suara bass atau treble, seperti yang terjadi beberapa waktu lalu pada ampli rakitan admin sendiri. Kemudian berusaha mencari cara supaya suara treble tidak pecah karena kendala yang timbul adalah suara treble pecah saat volume tinggi.

Ini memerlukan perhatian khusus dimana kita harus meyakini apa yang terjadi adalah bagian dari kerusakan yang harus dicari tahu maknanya, sedangkan setiap kendala akan memberikan alasan tersendiri untuk dicari tahu maknanya.

Penyebab Suara Treble / Amplifier Pecah di Volume Tinggi

Seringkali kita mendapati masalah suara speaker aktif pecah pada volume besar atau ampli yang menimbulkan suara sember dan pecah saat digunakan pada volume tinggi, lantas apakah penyebabnya?

Ini perlu dicari tahu mengingat kita akan menemukan banyak masalah dimasa depan yang nantinya akan ada kaitannya dengan keadaan ini sehingga segala sesuatu yang terjadi akan memberikan alasan untuk kita dapat menyimpulkan apa yang perlu dilakukan kedepannya.

Pada beberapa kasus, yang menyebabkan suara ampli dan treble pecah pada volume tinggi adalah karena ada bagian yang rusak atau kurang maksimal dari perangkat kita.

Misalnya:

  1. Kurang tegangan atau tegangan power supply tidak cukup, ini dapat menyebabkan suara pecah dan tersendat.
  2. Ada kerusakan pada bagian tertentu di perangkat kita. Misalnya kerusakan kapasitor atau transistor pada power supply, pre-amp, atau bagian tone control.
  3. Bagian poweer ampli tidak kompatibel atau kurang cocok dengan tone control, ini dapat menyebabkan suara kurang maksimal.

Baca juga 4 Penyebab Suara amplifier Pecah

Pentingnya Pemeriksaan Berkala Perangkat Audio

Melakukan pemeriksaan berkala pada perangkat audio kita membantu memastikan semua bagian dalam kondisi prima sehingga meminimalkan timbulkan kerusakan, atau bahkan kondisi cacat suara yang akan mengganggu.

Ini dapat dilakukan dengan memeriksa masing-masing bagian misalnya pada sistem amplifier, dapat dilakukan dengan melakukan pembersihan dan memastikan setiap komponen masing dalam kondisi baik dari segi fisik dan fungsi.

Menghindarkan adanya keadaan yang buruk, misalnya menjauhkan perangkat dari kemungkinan terkena cairan yang dapat merusak perangkat audio yang kita miliki.