Menu

Rangkaian Penurun Tegangan Tanpa Trafo (AC dan DC)

Merangkai sendiri perangkat elektronika sederhana memberikan rasa puas tersendiri dalam hati, bagaimana kita menemukan kecocokan dalam hobi menjadi bermanfaat. Salah satu kit yang menarik dibahas adalah rangkaian penurun tegangan ac tanpa trafo karena umumnya transformator step down berperan dalam fungsi ini, namun ternyata kita dapat menyederhanakan semuanya sehingga jadi lebih mudah dengan beberapa komponen tertentu.

Terdapat beberapa macam skema penurun tegangan dc tanpa trafo, namun kita akan membahas salah satu contoh menarik yang dapat memberikan efek tegangan dc dari besaran berkisar 30lt dc dan diturunkan dengan stabil pada tegangan 5 volt dc.

Salah satu kelebihannya adalah arus yang dikeluarkan dari hasil penurunan ini dapat tetap stabil dan besar, karena biasanya konverter akan memberikan andil dalam penurunan arus disaat tegangan diturunkan.

Skema Penurun Tegangan DC Sederhana

Dengan memanfaatkan komponen utama sebuah ic maka dapat memberikan output tegangan yang turun dan stabil, ini membawa kita pada hasil akhir yang bersih dari noise dan membawa kebaikan pada rangkaian secara menyeluruh dimana tegangan sumber yang stabil akan berdampak baik pula pada rangkaian selanjutnya.

Pada gambar diatas kita dapat melihat beberapa komponen penting yang punya andil besar menurunkan tegangan, meskipun tidak menggunakan trafo konvensional namun tetap dapat bekerja dengan baik sehingga menghasilkan output tegangan sesuai keinginan.

Penjelasan Rangkaian Penurun Tegangan

Dengan menurunkan tegangan baik itu tegangan ac maupun dc maka akan memberikan kita pilihan tepat dimana ketika hendak menggunakan catu daya atau power supply pada besaran tegangan tertentu maka lebih mudah karena kita sudah mempunyai sumber tegangan yang besarnya sesuai kebutuhan.

Maka ini jadi pilihan menarik sehingga memungkinkan untuk merakit sendiri rangkaian untuk menurunkan tegangan ampli dan kegunaan lainnya, yang mana membutuhkan besaran tegangan yang bervariasi.

Kelebihan penurun tegangan tanpa trafo ini adalah bobot yang ringan daripada trafo pada umumnya. Juga besarnya dimensi dapat disesuaikan dengan penempatan sehingga lebih fleksibel dalam pemakaian dan aplikasi pada penggunaan yang luas.