Menu

Fungsi Elco Yang Menempel di Speaker

Inilah fungsi elco yang menempel di speaker yang kerap dijumpai pada tweeter maupun speaker bluetooth.

Salah satu kegunaan elco yang dipasang pada speaker adalah sebagai penyaring frekuensi, sama halnya dengan fungsi capasitor pada perangkat elektronika lainnya.

Lebih jauh mengenai hal ini, akan kita bahas dalam tulisan ini secara mendalam sehingga memberikan pemahaman yang baik mengenai pengaruh elco dipasang seri dengan speaker., dan fungsi lain dari kapasitor yang patut diketahui.

Efek Penambahan Elco Pada Speaker

Pengaruhnya ke suara tentu saja sangat banyak, elco yang dipasang pada speaker akan memberikan hasil suara yang lebih halus, minim noise dan penuh dengan penyaringan.

Ini tergantung dari besarnya kapasitas elco tersebut, yang akan menghasilkan suara sesuai ukuran dan rentang frekuensi yang ada pada elco tersebut.

Memasang elco pada speaker berdampak:

  • Suara yang tersaring yang akan menonjolkan salah satu frekuensi tertentu, misalnya frekuensi tinggi pada tweeter
  • Speaker jadi lebih aman karena kegunaan elco sebagai fuse, jika sewaktu-waktu ada konsleting maka yang akan rusak duluan adalah elco
  • Mudah menentukan karakter speaker dan output suara yang dihasilkan karena efek elco sebagai penyaring seperti yang dijelaskan sebelumnya

Diagram Pemasangan Elco Pada Speaker

Pada gambar dibawah ini kita dapat melihat skema pemasangan elco yang nantinya akan menjadi rangkaian filter pada speaker.

Pada gambar diatas, elco adalah komponen berlambang C, yang mana selanjutnya kita akan menyebutnya sebagai KAPASITOR, karena elco hanyalah salah satu jenis dari banyaknya ragam kapasitor (speaker lain belum tentu menggunakan elco, melainkan jenis mylar atau tantalum, misalnya).