Menu

Menentukan Nilai Resistor Untuk LED 220 volt (Menyambung lampu LED ke Listrik AC)

Cara menyambung LED ke listrik 220 volt ac dapat dilakukan sendiri dengan menentukan besarnya nilai resistor yang dihubungkan seri dengan lampu led tersebut. Pemasangan LED pada listrik ac kerap dilakukan dalam rangkaian elektronika sebagai lampu indikator, misalnya indikator power.

Lantas berapa ohm besarnya nilai resistor untuk led jika ingin dipasangkan pada listrik 220 volt ac? Ini dapat kita tentukan dengan membuat sendiri rangkaian tersebut agar terhubung pada listrik dan melihat hasilnya. Ini dapat dilakukan dengan praktek secara langsung sehingga menghasilkan rangkaian led yang dapat menyala sesuai keinginan.

Memang LED pada listrik ac 220 dengan dioa

LED AC adalah LED yang beroperasi langsung dari tegangan saluran AC alih-alih menggunakan driver untuk mengubah tegangan saluran menjadi daya arus searah (DC). … Konverter daya mengurangi efisiensi perangkat pemancar cahaya.

Bagaimana cara menghubungkan 220 volt ke LED?
Watt resistor yang lebih rendah seperti 1/2 watt atau lebih rendah tidak akan berfungsi dan dapat terbakar karena dimaksudkan untuk sirkuit DC 6v, bukan untuk Sumber Listrik AC 220v.

Perakitan:
Hubungkan anoda hitam dioda ke negatif led.
hubungkan resistor ke kutub positif LED.
Hubungkan ujung bebas dioda dan resistor ke pin male.

Pada gambar diatas dapat dilihat penggunaan resistor adalah menggunakan r dengan nilai 56k ohm, yang mana pada pin positif disambungkan pula sebuah dioda yang langsung terhubung ke listrik 220v ac. Ini berarti tegangan yang mengalir pada LED adalah tegangan DC, karena sudah di searahkan degan satu buah dioda, dan tegangan ac juga telah diturunkan dengan menggunakan resistor 56k.

Memasang LED ke listrik 220 volt ac tanpa dioa, hanya menggunakan resistor

Cara kedua untuk menyambungkan lampu led ke listrik ac 220 volt adalah menyambungkannya langsung tanpa dioda sebagai penyearah, jadi hanya dirangkai seri dengan resistor saja. Ini memungkinkan led menyala dengan bantuan tahanan berupa resistor, dan langsung menyala pada tegangan ac listrik.

Perhatikan gambar diatas dimana terdapat satu buah resistor yang mempunyai nilai hambatan 100-200k untuk menurunkan tegangan listrik ac PLN.

Kekurangan cara ini adalah nyala lampu led biasanya nampak berkedip-kedip atau bling, ini karena tegangan ac yang menyalakan lampu tersebut memang adalah jenis tegangan bolak balik.

Besarnya nilai resistor yang digunakan untuk menyalakan lampu led pada tegangan listrik 220 volt adalah kisaran 56k-220k ohm.