Menu

Skema Rangkaian Pengusir Tikus Sawah dengan Baterai

Bermacam jenis skema rangkaian untuk mengusir tikus sawah dihadirkan guna memenuhi kebutuhan akan hama petani yang kian marah yakni salah satunya adalah serangan tikus. Kami akan menghadirkan sebuah rangkaian sederhana pengusir hama tikus yang dioperasikan dengan baterai atau aki, sehingga memudahkan Anda dalam menempatkannya di area persawahan.

Rangkaian pengusir tikus ini sebenarnya merupakan sebuah rangkaian yang dikenal dengan nama Signal Generator. Rangkaian ini akan mengeluarkan getaran elektronik sebesar 50 kHz. Getaran elektronik sebesar itu sangat mempengaruhi sistem pendengaran tikus. Dengan demikian semua tikus yang mendengar suara dari rangkaian ini akan lari karena disangka ada kucing yang akan menerkam dirinya.

Tikus termasuk salah satu binatang pengerat. Rusaknya habitat menjadikan mereka sekarang banyak berkeliaran di rumah-rumah dan kantor. Saat ini malah muncul spesies baru tikus yang berbadan mungil dibanding tikus zaman dulu yang mempunyai ukuran badan lebih besar.

Sebagaimana lazimya binatang pengerat, mereka hobi memakan sembarang makanan dan membuat sarang. Fatalnya, bila yang dimakan/dirusak itu adalah arsip-arsip penting dan pakaian-pakaian buat kerja/sekolah, tentu ini tidak bisa dibiarkan dan kejadian seperti ini memang sering terjadi menimpa Anda. Ada sebagian orang yang memasang jebakan dengan mesin dan obat/racun untuk mengusir tikus. Namun ternyata tikus-tikus sekarang pada cerdik, mereka tidak tertarik dengan perangkap seperti itu. Bahkan dengan memasang ranjau berupa lem pada tempat-tempat yang sering dilalui tikus pun tidak ada hasilnya.  Nah, sekarang ada cara baru nih, kita coba usir si tikus tersebut dengan Rangkaian Pengusir Tikus.

Gambar Skema Rangkaian Pengusir Tikus

Gambar Skema Rangkaian Pengusir Tikus

Rangkaian pengusir tikus ini cukup sederhana dan murah, terdiri dari empat resistor, dua kapasitor/kondensator, satu IC (IC 555), satu transistor (SC1162) dan memakai speaker berimpedansi 4 Ohm. Komponen yang ada dalam skema yang tidak diberikan tanda angka, yaitu C = 2,2nF. Anda bisa merubah kombinasi warna frekuensinya dengan mengganti nilai tahanan/resistor 1K8 oleh nilai resistor yang lain dan nanti akan didapat bentuk lain dari frekuensinya semula.

Anda dapat menggunakan baterai 6 sampai 12 volt dc sebagai sumber tegangan, yang patut diperhatikan adalah pemasangan rangkaian ini hendaknya terhindar oleh air atau dalam artian lebih tahan air.

Dapat ditutup bagian atas sehingga kalau kena hujan tidak akan merusak komponen-komponen pada rangkaian tersebut, dan Anda dapat menempatkan di area yang strategis yang sering dilewati tikus.