Menu

Skema Power Amplifier 20 watt 12 volt Pakai IC AN7145L, Mudah Dibuat

Hadir kembali kali ini kita akan berbagi mengenai salah satu skema power amplifier yang mudah dibuat karena menggunakan rangkaian sederhana, 1 buah IC power dengan beberapa komponen pendukung.

Rangkaian power amplifier 20 watt ini memerlukan catu daya power supply 9-18 volt DC. Namun dalam kondisi standar umumnya dipasang pada tegangan 12 volt DC, tentu saja akan lebih baik kalau power supply yang digunakan mempunyai tegangan yang bersih dari noise dan stabil.

Amplifier ini menggunakan IC AN7154 , ini adalah tegangan minimum untuk rangkaian adalah 9 volt dan tegangan maksimum 18 volt dengan tegangan suplly ganda. Output daya maksimum 20 watt dengan impedansi minimum 4 Ohm. Rangkaian ini dilengkapi treebel booster, untuk performa maksimal sehingga dapat menghasilkan suara yang jernih.

Persamaan power amplifier IC AN7145L

AN7145M, AN7145H, AN7146M, AN7146H

Anda dapat menggunakan semua ic di atas. Rangkaian ini membutuhkan suplai tegangan dengan tegangan ganda. Tegangan minimum 6 Volt dan tegangan maksimum 20 volt. Tegangannya saja (-) dan (+), tapi (-) bisa juga di-ground. Output daya maksimum 2 X 20 watt dengan impedansi minimum 4 ohm.

Pada contoh diatas dapat dilihat bagaimana sederhana dan mudah dipahami mengenai rangkaian power ampli tersebut, tentu saja akan memudahkan dalam perancangannya sehingga Anda tidak perlu kebingungan dalam menentukan mana yang baik dan mana yang keliru saat hendak membuatnya.

Karena pada dasarnya kita hanya menyalin dari skema yang ada dan menentukan tata letak komponen yang paling sesuai sehingga meenghasilkan rangkaian yang mudah dipahami bahkan untuk pemula sekalipun.