Menu

Pengalaman Ganti CRT TV Polytron dengan Tabung LG

Sebelum membahas mengenai proses ganti tabung tv polytron ini saya mau cerita sedikit mengenai nostalgia tv pembelian ayah yang tetap saya pakai meskipun sudah berumur sangat lama.

Punya tv polytron 14 inch yang umurnya sudah puluhan tahun, kualitas suara masih enak meskipun layar kecil sudah agak ketinggalan jaman, oleh sebab itu tetap saya pertahankan. Dan karena tv tsb juga pembelian ayah ada memori tersendiri sehingga saat rusak, tetap saya perbaiki, bahkan sudah rusak berkali kali namun masih saya pertahankan.

Pernah Ganti Mesin TV Wansonic

Saat rusak pertama kali, tv masuk dapat saya perbaiki mulai dari kerusakan ringan open solder atau jalur solderan yang renggang karena panas, pernah tambah resistor kapur agar tidak njeglek listrik PLN, sampai ganti-ganti elco.

Namun saat terbaru kerusakan yang lumayan berat, yakni tv rusak standby kadang nyala kadang mati, lalu saya perbaiki dan mengakibatkan jalur power supply ada yang konslet dan banyak komponen terbakar.

Karena tidak telaten, akhirnya tv saya ganti mesin. Pilih mesin wansonic karena ini saya nilai lebih awet ketimbang mesin merk lainnya, sebuat saja merk w-com yang sedikit lebih murah namun rentan rusak dalam jangka panjang.

Proses ganti mesin lancar, pekerjaan modif pin crt sampai modif pin yoke dan adjust warna saya lakukan tanpa hambatan. Tabung tivi polytron 14 inch ini masih sangat jernih dan tajam warnanya, didukung mesin tv wansonic yang memang kualitasnya bagus, menghasilkan gambar yang jernih dan tajam.

Beberapa bulan berlalu tidak ada kendala, tv setiap hari saya nyalakan dan normal sampai suatu hari timbul masalah baru…

Baca juga: Penyebab TV menyala Standby Tidak Mau Hidup

Akhirnya Ganti Tabung TV pakai Punya LG

Pada suatu hari tv menyala seperti biasa, keluarga sedang menonton tv asyik di siang hari saat tiba-tiba terdengar suara ledakan kecil atau plethek, dan tv tiba-tiba mati.

Saat saya pulang kerja, saya cek tv menyala standby dan ada suara berderik, tapi kok ada yang terang-terang di dalam?

Kemudian tv saya buka, dan ternyata lampu heater atau filamen menyala sangat terang, sangat tidak biasa. Ditambah suara berdecit-decit, lalu saya periksa bagian-bagian pcb tidak ada komponen yang rusak.

Saya curiga crt atau tabung bermasalah, dan ternyata benar…

Saat bagian ujung tabung tempat yoke saya pegang, ternyata goyang.., lho tabung sudah patah pada leher atau bagian yoke.

Saya curiga karena terlalu panas atau overheat sehingga tabung kaca retak dan pecah, namun kesimpulan ini masing belum pasti apa yang menyebabkan tabung tiba tiba pecah.

Lalu saya cek kebetulan ada tv akari 14 inch kebetulan rusak dan tidak saya perbaiki.

Langsung saja saya ambil tabungnya, saya cek memakai crt lg, dan langsung saya pasang ke mesin polytron tadi tidak ada masalah, hanya perlu ubah-ubah posisi pin yoke sedikit dan setting ukuran gambar.

Tv kembali menyala normal sampai sekarang.