Menu

Pengertian Dan Fungsi Dioda Dalam Elektronika

Dioda adalah komponen elektronika yang berfungsi sebagai penyearah tegangan ac menjadi tegangan dc yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan dalam rangkaian elektronika. Dioda adalah komponen dasar yang banyak digunakan, dalam perkembangan selanjutnya akan memberikan ide pada komponen yang lebih kompleks misalnya trioda, dan juga IC.

Secara sederhana, pengertian dioda adalah komponen elektronika yang terdiri dari dua elektroda, yakni anoda dan katoda. Kata “dioda” adalah sebuah kata majemuk yang berarti “dua elektroda”, dimana “di” berarti dua dan “oda” yang berarti elektroda. Jadi dioda adalah dua lapisan elektroda N (katoda) dan lapisan P (anoda), dimana N berarti negatif dan P adalah positif.

Dioda merupakan komponen yang paling sederhana pada keluarga semikonduktor. Bentuk dioda ini sejenis vacuum tube yang memiliki dua buah elektroda yang terbuat dari bahan semikonduktor.

pengertian dioda dan fungsi dioda

Fungsi Dioda

Fungsi dioda ini memang unik, yaitu hanya dapat mengalirkan arus satu arah saja. Fungsi dioda paling umum adalah untuk memperbolehkan arus listrik mengalir dalam suatu arah (disebut kondisi panjar maju) dan untuk menahan arus dari arah sebaliknya (disebut kondisi panjar mundur). Karenanya, dioda dapat dianggap sebagai versi elektronik dari  katup pada transmisi cairan dimana katup akan terbuka jika ada air yang mengalir dari belakang katup menuju ke depan, sedangkan katup akan menutup oleh air yang mengalir dari depan menuju ke belakang.

Fungsi dioda yang lainnya adalah sebagai penyearah sinyal tegangan AC menjadi sinyal DC. Untuk dapat digunakan sebagai penyearah setengah gelombang Anda bisa menggunakan sebuah dioda. Namun jika ingin menjadi penyearah gelombang penuh, Anda harus menggunakan 4 buah dioda yang dirangkai seperti jembatan atau dengan menggunakan 2 buah dioda dengan trafo yang memiliki center tap (CT).

Simbol Dioda

simbol dioda

Simbol dioda merupakan anak panah yang di depannya terdapat sebuah garis melintang. Dari simbol ini, seharusnya sudah mewakili cara kerja dioda itu sendiri. Pada ujung depan anak panah disebut sebagai Katoda (N = Negatif) dan di belakang anak panah disebut dengan Anoda (P = Positif)

Dalam penerapan yang lebih lanjut terdapat pula dioda zener yang memiliki simbol serta fungsi sedikit berbeda dari dioda biasa. Dioda zener adalah komponen yang digunakan untuk membatasi tegangan pada nilai tertentu, yang mana kalau nilai tersebut sudah tercapai atau melampaui maka dioda zener akan melewatkan kelebihan tegangan sehingga tegangan output yang dihasilkan tetap stabil sesuai nilai yang dikehendaki. Dioda ini biasanya digunakan sebagai penyetabil tegangan dc pada power supply.

Pada penggunaan dimasa sekarang ini semakin banyak digunakan dioda-dioda chip dengan ukuran kecil memiliki fungsi serupa namun dalam bentuk yang lebih kompak sehingga banyak digunakan pada perangkat handphone, komputer serta mesin-mesin yang sudah memiliki kemajuan teknologi terbaru.



No Comments