Menu

Pengertian Noise, Penyebab, Cara Menghilangkan Noise Pada Speaker Komputer

Pengertian Noise

Noise adalah sinyal liar yang mengganggu kinerja speaker aktif atau perangkat elektronika audio lainnya misalnya amplifier, bunyi yang ditimbulkan oleh noise ini sangat mengganggu dan tidak diharapkan karena dapat merusak hasil keluaran suara dari perangkat audio tersebut sehingga bunyi yang harusnya jernih akan jadi terpengaruh karena noise ini.

Bunyi noise dapat berupa dengung berkepanjangan, suara kemresek atau bunyi berdesis yang tidak akan hilang meskipun volume diatur kecil. Hal ini tentu saja sangat tidak harapkan karena memberikan nuansa berisik yang mengganggu.

 

Penyebab

Hal yang menyebabkan terjadinya noise atau sinyal liar yang mengganggu dapat bermacam-macam sesuai gejala kerusakan yang terjadi pada perangkat amplifier atau speaker aktif tersebut.

Dapat dipastikan kalau timbul suara pengganggu atau sinyal noise maka kinerja dari perangkat tersebut memang bermasalah, tidak bekerja normal sebagaimana mestinya. Ini dapat menyebabkan kerja perangkat elektronika tersebut tidak maksimal atau bahkan disebabkan karena kerusakan yang serius.

Noise dapat timbul karena beberapa sebab diantaranya:

  1. Kerusakan pada bagian penguat dari speaker aktif
  2. Ada komponen yang sudah aus atau rusak fisik
  3. Terjadi kerusakan disebabkan hal lain dari luar misalnya ketumpahan air atau cairan
  4. Konektof input bermasalah
  5. Dan masih banyak lagi, simak pada pembahasan dibawah.

Baca pula: Penyebab Speaker Dengung dan Berdesis Bunyi Berisik

 

Cara Mengatasi

Menghilangkan bunyi gangguan atau noise bukanlah perkara mudah, terlebih dahulu kita harus mendeteksi darimana asal noise tersebut sehingga dapat disimpulkan bagian mana yang harusnya diperbaiki kalau memang ada kerusakan.

Menghilangkan nosie dapat dimulai dari cara yang paling mudah, yakni silakan cek dan teliti masing-masing kabel konektor input RCA yang masuk ke speaker aktif, biasanya konektor ini tidak tersambung dengan  baik sehingga menimbulkan dengung.

Bisa juga bagian ground tidak terpasang dengan benar, Anda dapat mengganti kabel konektor dengan yang baru.

Bagian lainnya adalah dengan membuka perangkat speaker aktif tersebut untuk meneliti kalau ada kerusakan bagian dalam yakni komponen-komponen yang ada didalamnya.

Bisa dilihat dari fisik masing-masing komponen, apakah ada yang terbakar? Seringkali bunyi desis atau dengung disebabkan oleh capasitor elco yang terbakar karena kelebihan tegangan, atau resistor yang hangus terbakar.

Bisa juga bagian lainnya, Anda perlu mengeceknya menggunakan multimeter untuk tahu akah tegangan di masing-masing bagian speaker aktif normal? Kalau memang ada kerusakan biasanya tegangan akan drop atau bahkan hilang sama sekali.

Demikian beberapa hal yang berkaitan dengan derau atau noise khusunya pada perangkat audio seperti speaker komputer atau speaker aktif. Prinsipnya adalah untuk mendeteksi terjadinya noise maka kita harus tahu terlebih dahulu bagian mana yang menyebabkan timbulnya noise tersebut sehingga dapat mengganggu kinerja dari perangkat yang seharusnya dapat bekerja dengan normal.